Advertisement

Pembangunan Tol Semarang-Demak Dipercepat, Kementerian PUPR Siapkan Rp1,1 Triliun Uang Ganti Rugi

Afiffah Rahmah Nurdifa
Kamis, 08 Juni 2023 - 21:57 WIB
Maya Herawati
Pembangunan Tol Semarang-Demak Dipercepat, Kementerian PUPR Siapkan Rp1,1 Triliun Uang Ganti Rugi Pembangunan Jalan Tol Semarang / Demak Semakin Lengkapi Konektivitas Utara Pulau Jawa / Dok. Kementerian PUPR.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercepat p  penyelesaian Tol Semarang-Demak Seksi I Semarang/Kaligawe-Sayung. Pembangunan tol ini akan menjadi salah satu proyek prioritas pada Tahun Anggaran (TA) 2024. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, percepatan tersebut seiring dengan terbitnya aturan terkait ganti untung jalan tol pada tanah musnah yang menjadi hambatan pembangunan ruas tol tersebut. 

Advertisement

"Untuk Tol Semarang-Demak ini untuk pembebasan lahan yang tadinya dianggap tanah musnah, itu sudah ada Perpres-nya, sudah terbit 2 minggu yang lalu," kata Basuki, Kamis (8/6/2023). 

Saat ini, pihaknya tengah melakukan inventarisasi dan penilaian untuk melakukan ganti uang tanah yang sebelumnya merupakan tanah musnah. 

BACA JUGA: Siswa dari SMP Negeri di Jogja Ini Raih Nilai ASPD Tertinggi, Jawaban Soal Nyaris Sempurna

Sebagai informasi, tanah musnah adalah perubahan bentuk tanah yang diakibatkan suatu peristiwa alam sehingga yang semula merupakan daratan kini terendam air laut. 

Dalam hal ini, tanah musnah yang dimaksud, yakni tenggelam akibat banjir rob. Fenomena tersebut membuat salah satu ruas Tol Semarang-Demak ini mengalami perlambatan. 

Permasalahan banjir rob di Semarang Timur, khususnya Kaligawe-Sayung yang mengakibatkan kerugian ekonomi cukup signifikan, dapat teratasi pada akhir 2024. 

Terlebih dengan terbangunnya tanggul hingga tujuh lapis timbunan dan beroperasinya rumah pompa pada Kolam Retensi Terboyo dan Sriwulan.

"Mudah-mudahan dengan itu [Perpres] akan segera selesai. Penyediaan anggaran tahun ini Rp1,1 triliun yang diambil dari automatic adjusment yang sudah dibuka untuk pembayaran tanah Tol Semarang-Demak. Jadi yang bagian laut bisa langsung dimulai," ujarnya. 

Sebelumnya, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan, ruas Tol Semarang-Sayung masih dalam kontrak pembangunan karena menunggu permasalahan tanah tersebut selesai. 

"Kita rencanakan awalnya 2024, Semarang-Sayung mungkin baru dapat kita selesaikan di 2025," ujar Hedy. 

Adapun, berdasarkan Peraturan Menteri ATR/BPN No.17/2021 tentang Tata Cara Penetapan Tanah Musnah mengatur terkait ganti rugi kepada pemilik tanah musnah berupa kerohiman yang nilainya 25 persen dari Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). 

BACA JUGA: Produksi Sampah di Jogja Sempat Turun, Tapi Naik Lagi Gara-Gara Ini

Untuk diketahui, Tol Semarang - Demak memiliki panjang 26,40 km yang dibangun dalam 2 seksi melalui skema kerja sama badan usaha dengan pemerintah (KPBU). Adapun, Seksi 1 untuk ruas Semarang/Kaligawe - Sayung sepanjang 10,39 km merupakan porsi pemerintah dengan alokasi anggaran sebesar Rp10 triliun yang bersumber dari APBN. 

Sementara, Seksi 2 ruas Sayung - Demak sepanjang 16,01 km merupakan porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang dilaksanakan oleh PT PP-PT WIKA Konsorsium serta Konsultan Perencana Maratama-Studi Teknik (KSO) dengan Konsultan Supervisi PT Virama Karya (Persero) dengan nilai investasi sebesar Rp5,9 triliun. (Sumber: Bisins.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

12 Kampung Jadi Kampung Panca Tertib Tahun Ini

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement