Advertisement

Garuda Indonesia Tunda Penerbangan Haji, Ini Kronologinya

Rio Sandy Pradana
Minggu, 04 Juni 2023 - 07:57 WIB
Sunartono
Garuda Indonesia Tunda Penerbangan Haji, Ini Kronologinya Kemenag menyebut Garuda Indonesia sudah berkali-kali mengalami kendala teknis dalam melayani penerbangan haji di Banjarmasin. Bisnis - Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Agama (Kemenag) memprotes maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIAA) yang sudah berkali-kali mengalami kendala teknis dalam melayani penerbangan haji di Banjarmasin. Tercatat sudah tiga kali kejadian serupa berlangsung.

Direktur Layanan Haji dalam Negeri Kemenag Saiful Mujab melayangkan protes keras terhadap maskapai pelat merah usai menunda keberangkatan jemaah haji di embarkasi Banjarmasin, pada Sabtu (3/6/2023). Penundaan tersebut berdampak terhadap keberangkatan 328 calon jemaah haji kelompok terbang (kloter) 4 Embarkasi Banjarmasin atau BDJ 04.

Advertisement

BACA JUGA : Catat! Ini Jadwal Lengkap Keberangkatan Jemaah Calon

Dia menuturkan kejadian yang sejenis juga pernah dialami jemaah asal Banjarmasin pada operasional haji 2022. Saat itu, kepulangan mereka tertunda karena ada persoalan teknis.

Kejadian lainnya juga menimpa jemaah asal Embarkasi Banjarmasin pada 2019. Bahkan saat itu, peristiwa yang terjadi berdampak pada tertundanya keberangkatan tiga kloter berikutnya.

“Ini berulang lagi, kami minta Garuda Indonesia bisa memberikan solusi terbaik agar jemaah bisa segera berangkat secara bersama-sama dalam satu kloter menuju Tanah Suci,” katanya dalam siaran pers, Sabtu (3/6/2023).

Dia menambahkan keberangkatan calon jemaah haji di Banjarmasin tertunda akibat adanya kerusakan teknis pesawat Garuda Indonesia.

BDJ 04 sedianya diberangkatkan pada 3 Juni 2023 pukul 02.40 WITA. Sesuai jadwal, jemaah haji diberangkatkan pada 2 Juni 2023, pukul 23.00 WITA, ke Bandara Samsuddin Noor.

Namun, jemaah akhirnya kembali ke Asrama Haji karena ada informasi kerusakan teknis pesawat. Terlebih, info adanya kerusakan teknis baru terinformasikan setelah calon jemaah sudah berada di Bandara Samsuddin Noor.

“Solusi segera diperlukan agar persoalan ini tidak berdampak pada kloter-kloter berikutnya,” tuturnya.

BACA JUGA : Kemenag Jogja Minta Jemaah Calon Haji Tak Sibuk Swafoto 

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan kendala teknis tersebut diketahui setelah petugas maskapai bersama tim terkait tengah melakukan inspeksi akhir kesiapan armada yang akan dioperasikan penerbangan menuju Madinah bagi kloter 4.

"Dapat kami sampaikan bahwa penyesuaian jadwal penerbangan yang sedianya diberangkatkan pada dini hari tadi, Sabtu [3/6/2023], dilakukan dikarenakan adanya kendala teknis pada mesin pesawat yang memerlukan penanganan lebih lanjut, khususnya terkait pergantian sparetpart pesawat," katanya.

Sebanyak 328 calon jemaah Haji Kloter 4 asal embarkasi Banjarmasin tersebut  akan diberangkatkan secara bertahap. Perinciannya, 287 jemaah akan diberangkatkan pada Sabtu (3/6/2023) pukul 22.00 Local Time dengan menggunakan Airbus A330-400, sementara sisa jemaah lainnya akan diberangkatkan dengan dua penerbangan melalui Medan pada Minggu (4/5/2023).

"Melalui kesempatan ini kami turut menyampaikan permohonan maaf sebesar besarnya atas ketidaknyamanan yang dialami," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tugu Pal Putih Jogja Kini Dipagar Lebih Rapi

Jogja
| Jum'at, 29 September 2023, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Di Coober Pedy, Penduduk Tinggal dan Beribadah di Bawah Tanah

Wisata
| Kamis, 28 September 2023, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement