Advertisement

Bandara Adi Soemarmo Siapkan 15 Orang per Sif untuk Layani Jemaah Haji

Gigih Windar Pratama
Kamis, 25 Mei 2023 - 05:07 WIB
Jumali
Bandara Adi Soemarmo Siapkan 15 Orang per Sif untuk Layani Jemaah Haji Jemaah calon haji berjalan menuju pesawat yang akan memberangkatkannya ke Arab Saudi. Ilustrasi. - ANTARA/Umarul Faruq

Advertisement

Harianjogja.com, BOYOLALI—PGS General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Ibnu Solikin, memastikan kesiapan manajemen terkait fasilitas sarana dan prasarana bandara untuk mendukung para jemaah haji tahun ini.

BACA JUGA: Daftar 13 Embarkasi Haji 2023

Advertisement

“Kami mengecek persiapan mulai dari kesiapan alat pendukung penerbangan, persiapan keamanan dan persiapan personel pendukung. Selain itu jalur keluar dan masuk kendaraan jamaah haji telah dipersiapkan dengan baik dan sesuai dengan standar keamanan dan keselamatan penerbangan,” kata Ibnu.

Ibnu juga menugaskan 15 personel per shift untuk menjaga keamanan dan memastikan jemaah calon haji tidak membawa barang-barang yang dilarang.

“Bandara Adi Soemarmo menugaskan 15 personel Aviation Security per shift yang akan mengawaki 4 unit mesin X-Ray, 2 unit Hand Held Metal Detector (HHMD) dan 2 unit Walkthrough Metal Detector (WTMD) yang dioperasikan di Asrama haji Donohudan sehingga diharapkan calon jemaah haji yang memasuki bandara sudah dalam keadaan steril karena telah melewati screening,” kata Ibnu berdasarkan rilis.

Sebagai tambahan informasi, Penerbangan jamaah haji Gelombang I ke Madinah berangkat pada tanggal 24 Mei – 7 Juni 2023 dan Gelombang II ke Jeddah berangkat tanggal 7 – 22 Juni 2023.

Sedangkan untuk kepulangan Gelombang I dari Jeddah tanggal 4 – 18 Juli 2023 dan Gelombang II dari Madinah tanggal 19 Juli – 2 Agustus 2023.

Sebelum diberangkatkan dari Bandara Adi Soemarmo, jemaah haji terlebih dahulu menginap semalam di Asrama Haji Donohudan guna dilakukan pemeriksaan kesehatan, dokumen dan pembekalan dari panitia.

Sebanyak 360 jemaah calon haji (calhaj) Kloter Pertama asal Embarkasi Solo berangkat dari Bandara Adi Soemarmo menuju Arab Saudi pada, Rabu (24/5/2023) pukul 00:30 WIB dini hari dengan menggunakan Maskapai Garuda Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Sleman Rusak Akibat Proyek Tol, Perbaikan Dilimpahkan ke Pengembang

Sleman
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement