Advertisement

Desa Berperan Penting Perkuat Sishankamrata, Ini Kata Menhan

Abdul Hamied Razak
Kamis, 18 Mei 2023 - 06:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Desa Berperan Penting Perkuat Sishankamrata, Ini Kata Menhan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (tengah) menerima kunjungan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) dan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Bidang Pertanian, Peternakan, Kelautan, Perikanan, Kehutanan, dan Lingkungan Hidup DediMulyadi di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (17/5/2023). ANTARA - HO/Biro Humas Setjen Kementerian Pertahanan RI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Peran pemerintah desa dinilai penting untuk memperkuat sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta (sishankamrata). Pasalnya, menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI merupakan tanggung jawab seluruh rakyat, termasuk warga dan pemerintah desa.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyambut baik kunjungan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) ke Kantor Kementerian Pertahanan untuk membahas isu-isu pertahanan, keamanan, dan kesejahteraan desa. "Kunjungan Apdesi ke Kemenhan menjadi tepat dan penting karena untuk lebih mengetahui dan memahami bahwa sistem pertahanan kita adalah sishankamrata," kata Prabowo saat menerima kunjungan Ketua Umum Apdesi Surya Wijaya di Jakarta, Rabu (17/5/2023).

Advertisement

BACA JUGA: KWT Bantu Wujudkan Ketahanan Pangan di Sleman

Dalam pertemuan itu, Prabowo menjelaskan pertahanan Indonesia adalah sishankamrata, yang artinya mencakup seluruh rakyat Indonesia. Berbagai keberhasilan rakyat Indonesia menghadapi serangan pada masa perjuangan pun tidak lepas dari sishankamrata.

"Jadi, pertahanan kita adalah seluruh rakyat. Seluruh rakyat yang bertanggung jawab, seluruh rakyat yang akan membela bangsa dan negara ini. Kita sudah buktikan berkali-kali. Oleh karena itu, Apdesi sebagai pimpinan desa saya kira punya peranan sangat penting," kata Menhan.

Dalam pertemuan itu, Prabowo juga mengenang beberapa kolaborasi yang pernah dia buat bersama Apdesi, di antaranya mendorong terbentuknya dana desa yang saat ini telah berjalan.

BACA JUGA: Pembangunan Infrastruktur Harus Diarahkan untuk Mencapai Ketahanan Pangan, Setuju?

"Dulu, kita pernah berjuang bersama. Kita menghasilkan dana desa dan itu salah satu perjuangan kita. Waktu saya masih di HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) bersama Apdesi dan banyak organisasi lainnya di tingkat desa, seperti PPDI (Persatuan Perangkat Desa Indonesia) dan Parade Nusantara, kita mampu untuk mewujudkan yang sekarang sudah menjadi program negara, itu bantuan desa," kata Prabowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Terus Jajaki Sejumlah Parpol jelang Pilkada 2024, Heroe Poerwadi Sebut Kantongi Nama Wakil

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement