Advertisement

Proyek Strategis Terancam Mangkrak, Menko Airlangga Dorong Percepatan

Annasa Rizki Kamalina
Minggu, 14 Mei 2023 - 20:37 WIB
Sunartono
Proyek Strategis Terancam Mangkrak, Menko Airlangga Dorong Percepatan Pekerja berada di proyek konstruksi Bendungan Rukoh di Kabupaten Pidie, Aceh, Sabtu (22/2 - 2020). Kementerian PUPR pacu pengerjaan konstruksi proyek strategis nasional termasuk tiga bendungan di Aceh yaitu Bendungan Keureuto di Aceh Utara. Kemudian, Bendungan Rukoh dan Bendungan Tiro di Kabupaten Pidie. Nilai investasi bendungan capai triliunan rupiah. Bisnis/Agne Yasa.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan pemerintah mendorong percepatan penyelesaian proyek strategis nasional (PSN) agar tidak mangkrak hingga 2024. Proyek Strategis Nasional (PSN) terus dibangun Pemerintah secara berkelanjutan untuk mengakselerasi pembangunan infrastruktur sekaligus mendukung program pemerataan ekonomi. 

Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) itu meyakinkan beberapa proyek PSN yang lewat periode 2024, di mana financial closing-nya sudah selesai, sehingga proyeknya akan terus dilanjutkan. “Ada beberapa proyek PSN yang sudah financial closing dan tentunya akan dilanjutkan. PSN telah terbukti menyelesaikan berbagai proyek strategis nasional, dan Pemerintah memberikan fasilitas,” ungkap Airlangga, Minggu (14/5/2023). 

Advertisement

BACA JUGA : Harga Properti di Jogja-Solo-Semarang Melejit

Sejak pertama kali ditetapkan pada delapan tahun silam, tepat sewindu, hingga Mei 2023 tercatat pemerintah telah mengakselerasi pembangunan sebanyak 156 PSN dengan total nilai investasi sebesar Rp1 triliun. 

Keberhasilan PSN telah memberikan dampak signifikan kepada seluruh masyarakat Indonesia, terutama pada sektor infrastruktur penunjang konektivitas, ketahanan energi, kedaulatan pangan dan mitigasi bencana, serta hilirisasi industri dan penunjang investasi.

Beberapa proyek PSN ini tentunya telah memberikan dampak signifikan kepada Indonesia, antara lain beroperasinya MRT dan LRT pertama di Indonesia dan penambahan jaringan jalur kereta api sepanjang lebih dari 1.000 km. 

Selain itu, juga telah dibangun puluhan bendungan untuk menambah persediaan air baku, mereduksi potensi banjir, dan memproduksi energi listrik. Penambahan panjang jalan tol juga telah dilakukan sebanyak tiga kali lipat sejak 2014 dan pembangunan tiga Sistem Pengolahan Air Minum dengan skema KPBU yang memberikan layanan kepada lebih dari 2 juta orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca DIY Hari Ini, Kamis 20 Juni 2024: Cerah Berawan Seharian

Jogja
| Kamis, 20 Juni 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Punya Pantai Terbaik untuk Berselancar, Ini Daftarnya

Wisata
| Senin, 17 Juni 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement