Advertisement

Sopir dan Kenek Bus Jadi Tersangka Kecelakaan Guci, Ternyata Ini Kesalahan Mereka

Adhik Kurniawan
Sabtu, 13 Mei 2023 - 07:27 WIB
Arief Junianto
Sopir dan Kenek Bus Jadi Tersangka Kecelakaan Guci, Ternyata Ini Kesalahan Mereka Tangkapan layar video detik-detik bus masuk jurang di kawasan objek wisata Guci, Tegal, Jawa Tengah, Minggu (7/5/2023) - Twitter

Advertisement

Harianjogja.com, TEGAL—Penyebab kecelakaan bus pariwisata Duta Wisata berpelat nomor B 2760 CGA yang terperosok ke sungai di kawasan objek wisata Guci, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, akhirnya terungkap.

Terbaru, pihak kepolisian pun menyampaikan secara gamblang alasan kenapa sopir dan kernet bus tersebut ditetapkan sebagai tersangka dalam peristiwa kecelakaan yang menewaskan dua orang itu. Bukan itu saja, sopir dan kernet bus juga menjadi penyebab bus terperosok ke sungai.

Advertisement

Pernyataan tersebut disampaikan Kapolres Tegal, AKBP Sajarod Zakun, melalui keterangan resmi konferensi pers yang diterima Solopos.com, Jumat (12/5/2023) petang. 

Kapolres menegaskan jika sopir dan kernet melanggar prosedur baku dari pihak agen pemegang merek (APM) Hino yang sudah tertera dalam rule book atau guide book yang diberikan kepada para sopir yang akan mengendarai kendaraan bermerek Hino. 

BACA JUGA: Kecelakaan Bus di Guci karena Hand Rem Dimainkan Bocah, Polisi: Hoaks!

Lebih jauh, Zakun juga mengatakan jika dalam keterangan dari APM Hino, setiap sopir yang akan mengemudikan kendaraan bermerek Hino telah diberi pelatihan khusus oleh pihak Hino sebelum mengendarai. Termasuk adanya larangan meninggalkan kendaraan dalam kondisi mesin yang masih menyala. 

“Setiap sopir akan melalui kegiatan pelatihan yang mana para sopir tersebut juga diberitahu terkait larangan meninggalkan kendaraan dalam kondisi mesin menyala dan dalam kondisi medan seperti apa pun, serta memarkir kendaraan dalam kondisi yang aman,” terang AKBP Sajarod Zakun. 

Sesuai dengan hasil analisa dan kajian pendukung dari pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak APM Hino dan Komite Nasional Keselamatan Trasportasi (KNKT), Polres Tegal menyimpulkan bahwa bus meluncur dari lokasi parkir disebabkan karena bertambahnya beban yang diterima oleh spring pada handbrake. Sebab, saat itu bus masih dalam kondisi terparkir pada medan yang miring dengan kondisi kontur tanah yang gembur.

“Jadi karena kernet dan sopir tidak ada di dalam kendaraan, tidak ada yang menginjak pedal rem manual atau kaki saat penumpang terus berangsur menaiki bus. Apalagi handbrake hanya memiliki kapasitas kekuatan maksimal terbatas,” imbuhnya.

Sementara itu, Investigator Senior KNKT, Ahmad Wildan, mengungkapkan bahwa handbrake memiliki kekuatan maksimal di kemiringan lereng maksimal 18 derajat. Sedangkan lokasi parkir bus yang mengalami kecelakaan di Guci, Kabupaten Tegal itu memiliki kemiringan 28 derajat. 

Dengan kondisi kemiringan tersebut, terang Wildan, menyebabkan spring yang berfungsi untuk menahan dua roda belakang bus menjadi tidak maksimal. Sehingga, ketika ditambahi beban yang cukup berat atau ketika penumpang dan barang berangsur masuk ke dalam bus, maka bus berpotensi melaju.

Tak hanya itu, sistem kerja rem parkir atau handbrake juga dinilai KNKT berlawanan dengan rem pedal. Dalam kendaraan full airbrake, cara bekerja handbrake, spring atau per diawali dengan kondisi rapat, ketika rem direlease maka spring akan merenggang.

“Posisi per itu menguncup ketika rem diaktifkan, ketika dirilis maka per tersebut akan merenggang. Sehingga handbrake ini mengandalkan kekuatan per bukan kekuatan angin, berbeda dengan rem pedal yang menggunakan kekuatan full angin,” jelas Wildan.

Sekadar informasi, sopir dan kernet dikenai pasal 359 KUHP tentang kelalaian atau kesalahan yang menyebabkan orang lain meninggal dunia. Keduanya yang kini telah ditetapkan tersangka terancam pidana penjara maksimal 5 tahun atau pidana kurungan paling lama selama 1 tahun.

Sumber: Solopos.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KA Prameks Jogja-Kutoarjo, Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement