Advertisement

Meledaknya Starship Dianggap Kegagalan yang Sukses

Newswire
Sabtu, 22 April 2023 - 05:47 WIB
Sugeng Pranyoto
Meledaknya Starship Dianggap Kegagalan yang Sukses RoketSpace X saat meledak./Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pesawat antariksa Starship milik SpaceX meledak setelah empat menit mengangkasa. Meski demikian sejumlah ahli menganggap meledaknya pesawat antariksa Starship sebagai suatu kegagalan yang sukses. Kegagalan peluncuran Starship generasi terbaru tersebut secara dramatis akan membantu mempercepat pengembangan kendaraan luar angkasa tersebut.

Dilansir dari Reuters oleh Bisnis.com pada Jumat (21/4/2023), roket Starship baru SpaceX meledak dan gagal menuju orbit luar angkasa beberapa menit setelah uji coba dilakukan dari landasan. Awalnya, peluncuran tersebut dimaksudkan sebagai uji coba penerbangan manusia ke Mars. Berdasarkan gambar-gambar yang didapat, Starship jatuh di luar kendali sekitar 20 mil atau sekitar 32 km dari langit ketika diterbangkan dengan roket pendorong Super Heavy sebelum kendaraan gabungan itu meledak.

Advertisement

SpaceX mengungkapkan bahwa sebagian dari 33 mesin Super Heavy tidak berfungsi ketika naik dan roket pendorong serta Starship gagal berpisah seperti yang direncanakan, sebelum penerbangan tersebut itu dihentikan.

Menurut para eksekutif SpaceX termasuk CEO Elon Musk dan Chief Engineer perusahaan roket yang berada di California memuji penerbangan tersebut mengingat mereka ingin mencapai tujuan. Adapun dua pakar teknik dan ilmu planet yang setuju bahwa peluncuran roket tersebut merupakan uji coba penerbangan yang memberi manfaat. "Ini adalah kegagalan klasik SpaceX yang sukses," kata Garrett Reisman, seorang profesor teknik astronotika di University of Southern California yang merupakan mantan astronaut NASA dan juga penasihat senior SpaceX.

Reisman mengungkapkan bahwa uji coba penerbangan Starship tersebut merupakan strategi SpaceX dengan perusahaan lain. "Meskipun roket itu menghabiskan banyak uang, yang benar-benar menghabiskan banyak uang adalah gaji orang," kata Reisman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Gempur Rokok Ilegal

Advertisement

alt

Pemkab Kulonprogo Kembangkan Konservasi Air Berkelanjutan di Tiga Kapanewon

Kulonprogo
| Sabtu, 22 Juni 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Libur Iduladha, Warung Satai Klathak di Jogja Ini Diserbu Wisatawan

Wisata
| Kamis, 20 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement