Advertisement

Makna Gelar KPH yang Diraih oleh Gibran dari Mangkunagoro X

Wahyu Prakoso
Sabtu, 04 Maret 2023 - 17:27 WIB
Jumali
Makna Gelar KPH yang Diraih oleh Gibran dari Mangkunagoro X Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming saat memberikan keterangan kepada wartawan di Solo, Jumat (17/2/2023). - Antara/Aris Wasita

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memperoleh gelar baru dari Mangkunagoro X, yakni Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) pada Rabu (1/3/2023).

BACA JUGA: Survey, Kaesang Layak Gantikan Gibran Rakabuming Raka

Advertisement

Menurut Pengageng Kawedanan Mandraputra Pura Mangkunegaran KPH Tjuk Susilo, Gibran memiliki peran yang besar dalam mengembangkan Pura Mangkunegaran.

Bahkan, Gibran memiliki hubungan yang baik sejak Mangkunagoro X bertakhta pada 12 Maret 2022. “Selama ini bagus Mas Gibran dengan Kanjeng Gusti sejak dinobatkan selalu melakukan banyak hal. Kita banyak dibantu Mas Gibran. Jadi keduanya bagus,” ujar dia.

Gelar Kanjeng Pangeran Haryo merupakan gelar tertinggi yang pernah diberikan. “Ya itu tadi gelar KPH paling tertinggi,” jelas dia.

Mengutip laman resmi Universitas STEKOM, Kanjeng Pangeran Haryo merupakan gelar kebangsawan Jawa yang diberikan kepada keturunan ningrat yang berjasa banyak bagi kerajaan.

Semua kerajaan pewaris Kerajaan Mataram masih menggunakan gelar ini. Dalam sebutan lain, gelar tersebut juga sama dengan Kanjeng Pangeran Arya (KPA).

Selain Gibran, gelar Kanjeng Pangeran Haryo juga pernah diperoleh putra Presiden Soeharto, yakni Tommy Soeharto. Gelar tersebut diberikan oleh Raja Keraton Kawitan Amarta Bumi pada 2018 silam.

Tommy Soeharto yang masih mempunyai darah keturunan dari Pura Mangkunegaran itu mendapatkan gelar tersebut karena sesepuh dari Majelis Adat Budaya Nusantara (Madukara).

Mendapatkan gelar Kanjeng Pangeran Haryo, Gibran mengatakan mengaku gelar tersebut bukan menjadi beban baginya. Gibran mengatakan tidak pernah punya beban.

“Semoga ke depan semakin banyak kolaborasi. Ini merupakan hasil kolaborasi,” ungkap dia.

Diberitakan sebelumnya, Gibran menerima gelar tersebut di Pura Mangkunegaran dalam acara Jumenengan Mangkunagoro X yang pertama. Dalam menerima gelar tersebut, Gibran tampak mengenakan pakaian beskap lengkap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Waisak, Berikut Jadwal Lengkap KA Bandara Jogja Kamis 23 Mei 2024

Jogja
| Kamis, 23 Mei 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement