Advertisement

Survei Sebut Kaesang Layak Gantikan Gibran Jadi Wali Kota Solo

Newswire
Senin, 27 Februari 2023 - 20:07 WIB
Bhekti Suryani
Survei Sebut Kaesang Layak Gantikan Gibran Jadi Wali Kota Solo Kaesang Pangarep. - Ist/Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO– Nama Kaesang Pangarep masuk sebagai daftar pengganti Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Surakarta pada survei yang dilakukan oleh Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta.

Ketua Prodi Magister Administrasi Publik (MAP) Unisri Surakarta Suwardi di Solo, Senin (27/2/2023) mengatakan nama tersebut muncul jika Gibran maju untuk mengikuti Pemilihan Gubernur 2024.

Advertisement

Pada survei yang dilakukannya, Kaesang berada di urutan kedua setelah Teguh Prakosa yang saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Surakarta.

Nama Teguh Prakoso menduduki peringkat pertama dengan prosentase 17 persen dan urutan kedua adalah Kaesang Pangarep dengan perolehan 5 persen.

"Selebihnya ada Budi Prasetyo, Achmad Purnomo, dan Ahyani yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kota Surakarta," katanya.

BACA JUGA: Tol Jogja Solo Ruas Karanganyar ke Klaten Jadi Jalur Mudik 2023

Dari sisi kerelaan masyarakat, sebanyak 68 persen masyarakat rela jika Gibran maju sebagai calon gubernur pada Pemilu 2024. Meski demikian, sebagian pemilih cenderung lebih senang jika Gibran maju pada Pilgub Jawa Tengah dibandingkan Pilgub DKI Jakarta.

"Mayoritas warga Surakarta lebih banyak yang tidak rela Gibran maju Pilgub DKI dibanding bila maju Pilgub Jateng. Jika Gibran meniti karir politik lebih tinggi di 2024, masyarakat Solo lebih merelakan Gibran maju Pilgub Jateng dibanding Pilgub DKI," katanya.

Sementara itu, survei dilakukan dengan melibatkan sebanyak 560 koresponden di 56 titik yang dilakukan dengan instrumen data kuesioner tertutup.

"Selain itu juga wawancara langsung atau face to face dengan margin error 4,5 persen," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Melihat Proses Modifikasi Motor Khusus Difabel di Bantul

Bantul
| Jum'at, 19 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement