Advertisement

KPK Periksa Eks Pejabat Pajak Rafael Alun Terkait Harta Tak Wajar

Dany Saputra
Rabu, 01 Maret 2023 - 10:37 WIB
Sunartono
KPK Periksa Eks Pejabat Pajak Rafael Alun Terkait Harta Tak Wajar Rafael Alun Trisambodo, pejabat Direktorat Jenderal Pajak yang anaknya lakukan penganiayaan.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemanggilan mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo hari ini, Rabu (1/3/2023).

Lembaga antirasuah akan meminta klarifikasi terhadap ayah dari tersangka pelaku penganiyaan Mario Dandy itu terkait dengan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) miliknya itu, saat menjabat sebagai pejabat DJP Kemenkeu.

"Tim Direktorat PP LHKPN agendakan permintaan klarifikasi terhadap Rafael Alun Trisambodo di K4 Gedung Merah Putih, jam 09.00 WIB," ujar Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan, Selasa (28/2/2023).

BACA JUGA : Bak Istana! Begini Penampakan Rumah Rafael Alun Orangtua

Advertisement


Sebelumnya, LHKPN milik Rafael menjadi sorotan usai penganiayaan yang dilakukan oleh anaknya terhadap seorang korban hingga berada dalam keadaan koma. Kepemilikan motor gede (moge) hingga gaya hidup mewah pejabat pun semakin diperbincangkan  publik belakangan ini.

Perhatian paling besar tertuju pada satu lembaga yakni Kemenkeu, khususnya pada pejabat pajak. Sebagai buntut dari kasus kekerasan dan sorotan kepada kekayaan pejabat pajak itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sampai memberikan peringatan keras kepada kementeriannya sampai dengan mencopot Rafael dari posisinya.

Untuk diketahui, berdasarkan data dari LHKPN, total harta kekayaan Rafael per 2021 adalah Rp56,1 miliar. Dalam dokumen itu, dia melaporkan kepemilikan dua kendaraan, yakni Toyota Camry 2008 dan Toyota Kijang 2018.

Namun seiring dengan berkembangnya waktu, Rafael ternyata memiliki sejumlah aset termasuk perumahan mewah di Manado, Sulawesi Utara. Kuat dugaan aset-aset itu belum dilaporkan di LHKPN. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Sekolah 2024, Berikut Harga Tiket Masuk Taman Pintar Jogja

Jogja
| Kamis, 20 Juni 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Punya Pantai Terbaik untuk Berselancar, Ini Daftarnya

Wisata
| Senin, 17 Juni 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement