Advertisement

Asal-usul Covid-19, Intelijen AS Tetap Yakin dari Kebocoran Laboratorium China

Szalma Fatimarahma
Senin, 27 Februari 2023 - 23:37 WIB
Bhekti Suryani
Asal-usul Covid-19, Intelijen AS Tetap Yakin dari Kebocoran Laboratorium China Asal-usul Covid-19, Intelijen AS Yakin dari Kebocoran Laboratorium China. Ilustrasi virus Covid-19 varian AY.4.2 - Times of India \\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA– Departemen Energi Amerika Serikat (AS) baru-baru ini menyimpulkan bahwa pandemi Covid-19 kemungkinan besar berasal dari kebocoran laboratorium penelitian di China.

Kesimpulan ini tertulis dalam pembaruan dokumen milik Direktur Intelijen Nasional yang sebelumnya telah diberikan kepada anggota parlemen Gedung Putih pada Minggu (26/2/2023).

Advertisement

Temuan tersebut lantas membuat Departemen Energi memutuskan untuk bergabung dengan Biro Investigasi Federal (FBI) yang sebelumnya juga telah menyimpulkan hal serupa. Sebelumnya, pada 2021, FBI menyebutkan bahwa Corona menjadi virus yang muncul akibat kebocoran dari laboratorium di negeri tirai bambu tersebut.

Kendati demikian, meski kedua departemen itu sepakat bahwa Virus Corona muncul dari kebocoran laboratorium, tetapi mereka justru membuat kesimpulan yang berbeda.

"FBI menyimpulkan bahwa virus itu bocor dari laboratorium dan mengatakan hal itu dilakukan dengan 'kepercayaan sedang'. Departemen Energi menyimpulkannya dengan 'kepercayaan rendah'," ujar pejabat AS dilansir dari Daily Mail UK, Senin (27/2/2023).

Di sisi lain, Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan, pihaknya belum memiliki jawaban pasti terkait penyebab dari munculnya Virus Corona pada akhir 2019. Pasalnya, AS memiliki setidaknya 16 elemen intelijen yang dapat mengutarakan berbagai pandangan yang berbeda terkait penyebab pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Sebagian Tol Jogja Solo Harus Kelar Tahun Ini meski Ada Penolakan Pembebasan Lahan

"Jika kami mendapatkan wawasan atau informasi lebih lanjut, kami akan membaginya dengan Kongres dan kami akan membaginya dengan masyarakat Amerika, tapi saat ini belum ada jawaban pasti dari komunitas intelijen atas pernyataan ini," terangnya.

Teori terkait kebocoran laboratorium sebenarnya sempat ditolak sebagai konspirasi. Namun, banyaknya ilmuwan yang berpendapat bahwa virus mungkin lolos dalam salah satu penelitian di Institut Virologi Wuhan (WIV) membuat teori tersebut lambat laun mulai dipercaya.

Beberapa ahli bahkan mengklaim bahwa protein yang digunakan Virus Corona untuk menginfeksi seseorang telah menunjukkan ciri khas dari rekayasa virus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Danais Rp2,7 Miliar Dikucurkan untuk Program Padat Karya di Bantul

Bantul
| Selasa, 23 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement