Advertisement

Kronologi Lengkap KKB Tembaki Pesawat Trigana Air di Bandara Oksibil

Lorenzo Anugrah Mahardhika
Rabu, 11 Januari 2023 - 14:27 WIB
Sunartono
Kronologi Lengkap KKB Tembaki Pesawat Trigana Air di Bandara Oksibil Bekas tembakan yang dilakukan oleh KKB terhadap pesawat sipil di Bandara Oksibil, Papua. - Dok. Kemenhub

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjelaskan kronologi kasus penembakan pesawat kargo di Bandara Oksibil, Papua yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan M. Kristi Endah Murni mengatakan kasus penembakan pesawat kargo Trigana Air di Bandara Oksibil saat ini tengah diselidiki pihak berwenang.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Adapun, pesawat kargo Trigana Air tersebut berjenis caravan dengan registrasi PK-HVV milik PT Ikairos. Kristi mengatakan kejadian penembakan terjadi pada 9 Januari 2023 pukul 10.45 WIT.

BACA JUGA : KKB Papua Bakar Kantor Pemerintahan hingga Tembaki Pesawat

Berdasarkan infomasi dari pilot dan petugas AirNav, penembakan terjadi didaerah short right base runway 11 atau turning short final runway 11 yang berjarak kurang lebih 2 nautical mile (Nm) atau 3,6 kilometer dari ujung runway 11. 

"Pilot melaporkan kepada Petugas Air Traffic Controller (ATC) dan langsung Return To Base [RTB] ke bandara asal Bandara Tanah Merah,” jelas Kristi dikutip dari siaran pers, Rabu (11/1/2023).

Pihak operator penerbangan yaitu PT Ikairos dan petugas bandara Tanah Merah menginformasikan terdapat bekas tembakan pada beberapa bagian pesawat seperti bagian bawah depan yang tembus hingga ke ruang kokpit. 

BACA JUGA : KKB Papua Vs Aparat Baku Tembak, 3 Polisi Terkena Tembak

"Bersyukurnya, pada kejadian penembakan pesawat ini kondisi crew pesawat dalam kondisi baik. Personel dan fasilitas bandara juga dalam kondisi baik,” tambahnya.

Adapun, dengan alasan keselamatan dan keamanan penerbangan pesawat Trigana Air rute penerbangan dari dan ke Oksibil tidak dioperasika sejak Selasa (10/1/2023) kemarin. Pemberhentian operasi penerbangan ini dilakukan hingga kondisi keamanan dinyatakan aman oleh pihak berwenang. 

Kristi melanjutkan untuk memperkuat upaya pengamanan dan evakuasi karena situasi darurat, pesawat dari Rimbun Air dan Smart Cakrawala Aviation akan dioperasikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja-Solo Kamis 2 Februari 2023

Jogja
| Kamis, 02 Februari 2023, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement