Advertisement

Aparat Baku Tembak dengan KKB Papua, Satu Polisi Tertembak

Newswire
Sabtu, 07 Januari 2023 - 20:57 WIB
Sunartono
Aparat Baku Tembak dengan KKB Papua, Satu Polisi Tertembak Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Baku tembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dengan aparat keamanan terjadi pada Sabtu (7/1/2023) di Kabiding Lokasi III, Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang. Seorang anggota Polres Pegubin tertembak di bagian pundak.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri di Jayapura, mengatakan pihaknya masih menunggu laporan lengkap. Sebelumnya, Polda Papua memprediksi KKB masih menjadi ancaman pada tahun 2023.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Memang benar KKB dan kelompok lainnya yang berupaya memisahkan Papua dari NKRI masih mewarnai gangguan kamtibmas di Papua," kata Mathius dalam keterangannya, di Jayapura, Rabu (28/12/2022).

BACA JUGA : Kapolri Ungkap 48 Orang Meninggal Akibat Ulah KKB Papua

Dia mengatakan, untuk mengantisipasi hal itu pihaknya berharap peran aktif kepala daerah dan tokoh agama, tokoh masyarakat serta pemuda untuk memberikan pemahaman terhadap kelompok-kelompok tersebut agar tidak mengganggu jalannya pembangunan.

Peran serta kepala daerah dan perangkatnya sangat dibutuhkan, mengingat banyak di antaranya yang masih memiliki kekerabatan dengan anggota KKB.

"Dengan berbagai pendekatan yang dilakukan diharapkan dapat mengajak anggota KKB, agar tidak lagi mengganggu dan bersama-sama membangun daerahnya," ujar Fakhiri.

BACA JUGA : KKB Papua Bakar Rumah Guru dan Kepala Suku

Kapolda Papua berharap dengan adanya pemekaran Papua menjadi empat provinsi, maka pimpinan daerah dan wakil rakyat di DPRD makin aktif memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pembangunan yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat di wilayah itu.

Tanpa peran serta pemda setempat, menurutnya, maka sulit menyadarkan mereka dan dikhawatirkan akan terus mengganggu baik terhadap warga sipil maupun anggota TNI-Polri.

"Mudah-mudahan dengan peran serta maka secara perlahan anggota KKB tidak lagi mengganggu, bahkan bergabung dengan masyarakat membangun daerahnya, sehingga kamtibmas di wilayah Polda Papua aman," kata Fakhiri.

Tiga daerah otonomi baru (DOB) pemekaran dari Papua yaitu Provinsi Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Provinsi Papua Selatan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Puluhan Juta Dianggarkan Kelurahan Gedongkiwo untuk Tangani Sampah

Jogja
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement