Advertisement

Sumpah Pemuda, Presiden: Pegang Teguh Semangat untuk Bersatu!

Akbar Evandio
Jum'at, 28 Oktober 2022 - 13:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sumpah Pemuda, Presiden: Pegang Teguh Semangat untuk Bersatu! Pesan Jokowi di Hari Sumpah Pemuda: Pegang Teguh Semangat untuk Bersatu - Twitter @jokowi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo  atau Jokowi berpesan kepada masyarakat untuk terus memegang semangat Sumpah Pemuda sebagai pemersatu dalam upaya mengejar kemajuan.

"Sumpah Pemuda tetap menggema dan menjadi pegangan bagi bangsa Indonesia masa kini," cuit Jokowi melalui akun Twitter @jokowi, Jumat (28/10/2022).

Advertisement

Menurutnya, dengan semangat itu, seluruh elemen bangsa berupaya memajukan Indonesia di berbagai sektor, termasuk peningkatan konektivitas fisk dan digital. 

"Pembangunan konektivitas fisik dan digital yang menghubungkan pulau ke pulau, ujung ke ujung Indonesia kini, adalah ikhtiar kita untuk kian memperkokoh persatuan bangsa seraya mengejar kemajuan," tulis Jokowi dalam cuitan yang sama.

Lebih lanjut, unggahan Kepala Negara tersebut kerap disertai dengan ilustrasi yang menarik. Pada cuitan di Hari Sumpah Pemuda ini, ilustrasi cuitan Jokowi menampilkan kucing oren yang tampil trendi mengenakan topi berwarna biru sembari beraksi di atas papan luncur (skateboard).

Baca juga: Jarang Disebut, Ini Dia Tokoh Perempuan yang Terlibat di Balik Sumpah Pemuda

Kucing oren pun berpose bersama dengan para pemuda dari seluruh Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku dan juga digambarkan memiliki beragam profesi. Tampak pula mereka melampirkan tiga butir isi sumpah pemuda yang merupakan hasil dari Kongres Pemuda II pada 1928.

"Selamat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022," tulis Jokowi dalam cuitan itu.

Soal kemunculan si kucing oren di setiap unggahan Kepala Negara, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin memberikan penjelasan.

Menurutnya, ilustrator yang membuat karikatur untuk feed media sosial Jokowi memang sering memantau perkembangan terkini di masyarakat. Salah satunya adalah fenomena kucing berwarna oren yang viral saat pandemi Covid-19.

"Itu karena terinspirasi saat pandemi ada kucing-kucing [kucing oranye], banyak kucing. Hal-hal tertentu itu yang dirangkum dari kejadian-kejadian yang ada. Intinya yang bersangkutan sangat update dengan hal-hal kekinian, isu terkini maupun perkembangan apa saja yang ada di media sosial dan masyarakat," katanya.

Kumpulan Hal Viral

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa khusus untuk karikatur hari ini, ilustrator juga mengumpulkan sejumlah hal-hal yang pernah viral menjadi satu bingkai untuk digunakan dalam menarik perhatian masyarakat agar publik ingat dan tahu soal hari-hari penting nasional atau momen penting nasional.

"Untuk menarik perhatian masyarakat. Supaya ada atensi terhadap hari-hari besar nasional, maupun momen-momen tertentu. Semisal hari ini Hari Dokter Nasional, lalu pernah juga Hari Tani Nasional. Intinya agar masyarakat aware terhadap hari-hari peringatan nasional atau momen penting lainnya," katanya.

Sayangnya, sosok yang menjadi ilustrator karikatur Jokowi mengaku tidak bersedia untuk dipublikasikan.

"Tidak mau di-publish. Yang bersangkutan sangat senang sudah diberikan kesempatan membuat ilustrasi di feed presiden," pungkas Bey.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement