Advertisement

Anak Mengidap Gagal Ginjal Akut Bisa Sembuh Total, Tapi...

Widya Islamiati
Rabu, 19 Oktober 2022 - 08:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Anak Mengidap Gagal Ginjal Akut Bisa Sembuh Total, Tapi... ilustrasi ginjal

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kasus gangguan ginjal misterius atau gangguan ginjal akut progresif atipikal pada anak di Indonesia masih terus terjadi. Kemenkes menyebut hingga kini kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal ini sudah menyebar di 20 provinsi di Indonesia. 

Dokter Spesialis Anak Konsultan Neurologi dr. Eka Laksmi Hidayati menyebut, anak yang terkena penyakit ini punyai kemungkinan sembuh total, dan tidak lagi perlu melakukan cuci darah.

Advertisement

"Ada anak yang sembuh sempurna, pulih total, artinya pulih total itu yang tadinya stadium tiga dia membutuhkan hemodialisis, maka dia bisa betul betul lepas,"

dr. Eka juga menyebut, anak yang berhasil sembuh dari penyakit gangguan ginjal akut progresif atipikal ini juga mendapatkan kembali fungsi ginjalnya secara normal. 

Baca juga: Gagal Ginjal Akut Merebak di DIY, Ini Penjelasan Lengkap Dokter Spesialis Anak

"Fungsi ginjalnya kembali, dia bisa berproduksi urine dengan normal, dia bisa mengeluarkan sisa sisa sampah metabolisme dengan normal begitu,"

Meskipun demikian, dr. Eka tetap menyebut, anak yang pernah terkena penyakit ini dan dinyatakan sembuh total, tetap punyai risiko atau dampak tertentu.

"Namun memang dia berisiko bila terkena infeksi yang berat, dia terkena dehidrasi kekurangan cairan, itu secara teoritis itu berisiko untuk alami gangguan fungsi ginjal, gangguan ginjal akut progresif atipikal lagi, tapi AKI [akut progresif atipikal] nya belum tentu jadi stadium tiga. Itu harus dipantau," jelas dr. Eka. 

Lebih lanjut, dr. Eka menyebutkan, berdasarkan studi literatur, ditemukan kemungkinan sekitar 30% pasien penyakit ini bisa mengalami penyakit ginjal kronik, kelak ketika pasien beranjak dewasa muda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Cek Jadwal Sim Keliling di Jogja dan Sekitarnya Hari Ini, Rabu 24 Juli 2024

Jogja
| Rabu, 24 Juli 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement