Advertisement

Pemenang Sayembara Desain di IKN Ditetapkan, Ini Daftarnya

Muhammad Ridwan
Senin, 18 Juli 2022 - 13:47 WIB
Bhekti Suryani
Pemenang Sayembara Desain di IKN Ditetapkan, Ini Daftarnya Desain pemenang sayembara Kompleks Istana Wakil Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN). - Muhammad Ridwan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menetapkan pemenang sayembara desain gedung pemerintah untuk dibangun di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan penetapan pemenang sayembara desain tersebut telah melalui tahapan panjang melalui proses verifikasi dan pemilihan karya yang dilakukan oleh dewan juri.

Basuki menuturkan, penyelenggaraan sayembara desain tersebut merupakan salah satu bentuk pemerintah untuk membuka kolaborasi dengan para arsitek dalam pembangunan IKN.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

“Saya terima kasih ke seluruh peserta khususnya pemenang sayembara, tadi saya yakin total hadiah bukan masalah tapi kontribusi terhadap pembangunan IKN jadi nilainya,” ujarnya di Jakarta, Senin (18/7/2022).

BACA JUGA: Ada Gelombang Tinggi, Sebagian Wisatawan Batalkan Kunjungan ke Bantul

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti menjelaskan sayembara yang dibuka adalah untuk desain Istana Wakil Presiden, komplek perkantoran legislatif, komplek perkantoran yudikatif, dan komplek peribadatan.

Sayembara tersebut telah mulai dilakukan oleh Kementerian PUPR sejak 28 Maret 2022. Diana menyebut terdapat 248 peserta yang telah mendaftar untuk sayembara tersebut dan tersaring melalui proses verifikasi menjadi 79 peserta.

Dia menambahkan, dari 79 peserta yang lolos tahap verifikasi, sebanyak 60 peserta yang telah mengumpulkan karyanya, sedangkan 19 peserta lainnya tercatat tidak mengumpulkan karya.

“Semua karya yang ada masuk bagus-bagus semua tapi kita harus memilih desain yang akan digunakan di IKN nantinya. Setelah rangkaian evaluasi dan penilaian ditetapkan finalis dan pemenang sayembara,” ungkapnya.

Advertisement

Untuk komplek perkantoran yudikatif juara pertama dimenangkan oleh karya berjudul Adil Ka Talino. Lalu, juara kedua dengan judul karya Paramarta, dan juara ketiga adalah Cakra Nusantara.

Untuk Kompleks Istana Wakil Presiden diputuskan tidak ada juara pertama, tetapi terdapat dua karya yang ditetapkan sebagai juara kedua yakni karya berjudul Huma Betang Umai dan Istana Kerakyatan, dan juara ketiga dengan karya berjudul Dwi Arya Wibawa.

Sementara itu, untuk kompleks peribadatan, tiga karya terpilih ditetapkan sebagai juara kedua yaitu karya berjudul Akur Rukun, Cahaya Batang Haring Nusantara, dan Humanity Beyond Religion.

Advertisement

Selanjutnya untuk kompleks perkantoran legislatif juga diputuskan tidak ada juara pertama, tetapi terdapat dua karya sebagai juara kedua yakni Sasana Swara Nusantara dan Rajut Swara Indonesia. Juara ketiga dimenangkan oleh Lingkar Demokrasi.

“Semua pemenang kedua karena semua bagus-bagus harus dikolaborasikan,” ungkapnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja-Solo Hari Ini, Bayar Tiket Bisa Pakai GoPay

Jogja
| Rabu, 28 September 2022, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement