Advertisement

Update Perang Rusia Vs Ukraina: Zelensky Pecat 5 Dubes

Lukman Nur Hakim
Minggu, 10 Juli 2022 - 19:37 WIB
Budi Cahyana
Update Perang Rusia Vs Ukraina: Zelensky Pecat 5 Dubes Petugas membawa warga yang terluka setelah lingkungan kompleks apartemen dihantam beberapa kali dengan tembakan saat serangan Rusia di Ukraina berlanjut di Kharkiv, Ukraina. REUTERS - Leah Millis

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Serangan Rusia ke Ukraina memasuki hari ke-137 atau pekan ke-19.

Juru bicara dari pasukan militer Rusia yang berada di Odesa mengatakan bahwa pasukan Rusia memang sengaja melakukan pembakaran di hutan dan kebun di sekitar Odesa. Selain itu, hari ini Kanada mengumumkan akan memperluas sanksi terhadap sektor energi Rusia dengan memasukkan sanksi di bidang industri manufaktur. 

Selain kejadian tersebut terdapat beberapa kejadian lain yang terjadi pada hari ke-137 ini. Melansir dari laman The Guardian, Minggu (10/7/2022) berikut hal yang terjadi di perang Rusia dan Ukraina.

Volodymyr Zelensky Pecat Beberapa Kedubes

Volodymyr Zelenskiy telah memecat duta besarnya untuk Jerman, India, Republik Ceko, Norwegia dan Hongaria. Kelima dubes tersebut dipecat tanpa adanya alasan yang diperinci oleh Zelensky.

Selain itu, Zelenskiy telah mendesak para diplomatnya untuk menggalang dukungan internasional dan senjata canggih untuk memperlambat kemajuan seranagan yang dilakukan oleh Rusia.

Rusia Terus Tembaki Wilayah Ukraina

Gubernur wilayah Luhansk mengatakan pasukan Rusia menciptakan sebuah mimpi buruk dengan menembaki wilayah timur Donetsk. Serhiy Haidai mengatakan pasukan Rusia menembakkan delapan peluru artileri, tiga peluru mortir dan meluncurkan sembilan serangan roket semalam. 

Selain itu, Rusia memindahkan pasukan ke seluruh wilayah Rusia dan mengumpulkan mereka di dekat Ukraina untuk operasi ofensif di waktu dekat ini. Lalu, diketahui, serangan yang dilakukan oleh Rusia pada hari ini mengakibatkan lima orang tewas dan tujuh lainnya terluka di kota Donetsk.

Blinken Siap Kirim Bantuan Ke Ukraina $360

Advertisement

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan komitmen negaranya kepada rakyat Ukraina masih terus berjalan dengan mengumumkan lebih dari $360 juta bantuan tambahan akan dikirimkan ke Ukraina.

PBB Anggap Ukraina Bertanggung Jawab Atas Serangan di Panti Jompo

Perserikatan Bangsa-Bangsac(OBB) mengatakan bahwa angkatan bersenjata Ukraina bertanggung jawab besar atas serangan di panti jompo di Luhansk. Diketahui puluhan pasien lanjut usia dan penyandang cacat terperangkap di dalam panti jompo tersebut tanpa air atau listrik. 

Advertisement

Setidaknya 22 dari 71 pasien selamat, tetapi jumlah pasti yang tewas masih belum diketahui. Beberapa hari sebelum serangan, tentara Ukraina mengambil posisi di dalam panti jompo, menjadikan gedung itu sebagai target serangan pasukan Rusia.

 

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Dies Natalis Sanata Dharma ke-67, Dorong Semangat Persaudaraan

Sleman
| Senin, 03 Oktober 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement