Advertisement

Presiden Rusia Abaikan Pesan Damai Jokowi?

Afiffah Rahmah Nurdifa
Sabtu, 02 Juli 2022 - 14:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Presiden Rusia Abaikan Pesan Damai Jokowi? Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) seusai usai menyampaikan pernyataan bersama di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022). Presiden menyatakan siap menjadi jembatan komunikasi antara Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin agar kedua pihak mencapai perdamaian. ANTARA FOTO/BPMI-Laily Rachev - rwa.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Ukraina dan Rusia untuk mewujudkan misi perdamaian dinilai belum tercapai. Eks Wamenlu Dino Patti Djalal menyebut Putin tidak merespon terkait upaya perdamaian dengan Ukraina.

Kedatangan orang nomor 1 di Indonesia itu disebut untuk membawa misi perdamaian di tengah perang panas antara Rusia dan Ukraina beberapa bulan terakhir. 

Advertisement

Presiden Jokowi telah bertemu dan berdiskusi bersama Presiden Vladimir Putin di Istana Kremlin, Rusia pada Kamis (30/6/2022) kemarin.  

"Menurut saya kalau ukurannya adalah misi perdamaian, maka kita harus jujur menyatakan bahwa kunjungan ke Ukraina dan Rusia ini belum mencapai terobosan," katanya dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (2/7/2022).

Baca juga: Jadi Juru Damai, Jokowi Temui Presiden Rusia dan Ukraina

Sehari sebelumnya, Jokowi sempat bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan berbincang banyak perihal upaya pengurangan dampak perang dan negosiasi perdamaian.

Dari momen pertemuan Jokowi dan Zelensky, Dino Patti Djalal yang juga merupakan Ketua Foreign Policy Community of Indonesia mengatakan hanya Zelensky yang menyambut baik misi perdamaian yang dibawa Jokowi. 

"Sewaktu di Moskow Presiden Putin dalam Konferensi pers sama sekali tidak menyebut mengenai misi perdamaian dan yang di rujuk hanya mengenai hubungan ekonomi Indonesia Rusia," ungkapnya.

Putin kala itu berbicara terkait ekspor gandum Ukraina, tetapi tidak menyinggung soal perdamaian dengan negara tersebut. Di sisi lain, saat kedatangan Jokowi, Putin tetap melanjutkan aksi militernya di Ukraina. 

"Jadi dari segi misi perdamaian, saya tidak melihat adanya terobosan karena kalau misi perdamaian itu berarti konsep perdamaian diterima oleh kedua pihak, baik Ukraina maupun Rusia," terangnya.

Menurutnya, dalam momen tersebut yang responsif hanya Ukraina saja. Putin tak terlihat begitu peduli dengan perbincangan terkait perdamaian yang diupayakan Jokowi.

"Tentu kita tidak perlu kecil hati karena Sekjen PBB pun juga macet, tidak ada terobosan yang signifikan," katanya.

Ia menambahkan, upaya Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dengan memfasilitasi ruang mediasi untuk Rusia dan Ukraina pun belum mencapai terobosan hingga saat ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement