Advertisement

Politik Makin Panas: Manuver NasDem hingga Tukar Cincin Prabowo-Cak Imin

Afiffah Rahmah Nurdifa dan Szalma Fatirmarahma
Senin, 20 Juni 2022 - 08:57 WIB
Bhekti Suryani
Politik Makin Panas: Manuver NasDem hingga Tukar Cincin Prabowo-Cak Imin Jajaran pimpinan Partai NasDem - Maria Y Benyamin

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Pekan ini menjadi yang paling penting. Banyak momen politik terjadi. Komunikasi politik kian intens. Peta politik juga mulai mengerucut. Paling mencolok adalah pengumuman bakal calon presiden (bacapres) Partai NasDem.

NasDem, seperti yang banyak diberitakan oleh khalayak, telah mengumumkan tiga bacapres-nya Jumat kemarin. Ketiganya adalah Anies Baswedan, Andika Perkasa, hingga Ganjar Pranowo.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Usai pengumuman tesebut, konstelasi politik mulai memanas. Partai politik kian rajin membangun komunikasi. Partai Demokrat, PKB dan PKS mulai membuat poros untuk membendung manuver politik sejumlah partai.

Sementara itu Prabowo Subianto dan Gerindra juga sudah mulai utak atik gatuk guna mencari pasangan untuk maju ke kontestasi Pilpres  2024 nanti.

Berikut momen politik yang terjadi selama sepekan terakhir. Pekan yang sangat dinamis dan menentukan proses pembentukan koalisi selama beberapa pekan selenjutnya.

Rakernas NasDem dan Pengumuman 3 Bacapres

Partai Nasional Demokrat (NasDem) resmi mengumumkan tiga kandidat calon presiden (capres) pada hari terakhir pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem, Jumat (17/6/2022).

Pengumuman kandidat dibacakan langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Ketiga capres NasDem itu antara lain Anies Baswedan, Muhammad Andika Perkasa, dan Ganjar Pranowo.

"Saya membuka rekomendasi yang ditujukan kepada saya. Memutuskan menetapkan rekomendasi nama capres kepada Anies Baswedan, Muhammad Andika Perkasa, dan Ganjar Pranowo," kata Surya Paloh.

Advertisement

Surya Paloh menuturkan bahwa ketiga nama tersebut tidak memiliki kekurangan satu sama lain. "Soal 1,2,3 itu hanya urutan, tapi kualifikasinya sama," imbuhnya.

Adapun sejak penjaringan, nama Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo mendominasi daftar rekomendasi calon presiden (capres) yang diusulkan oleh Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Selain nama Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, daftar rekomendasi nama calon presiden (capres) NasDem juga diisi oleh pejabat politik hingga tokoh penting TNI. Salah satunya adalah Andika Perkasa.

Advertisement

PDIP Lakukan Konsolidasi

Sementara itu, DPP PDI Perjuangan (PDIP) hari ini menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala/Wakil Kepala Daerah sekaligus untuk melakukan konsolidasi partai di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung Kamis (16/6/2022. Konsolidasi dilakukan menyusul semakin memanasnya tensi politik.

Rakor tersebut tidak saja diikuti oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri secara virtual, tapi turut hadir secara fisik Sekjen Hasto Kristiyanto, Ketua Komisi II DPR Bambang Wuryanto serta sejumlah Ketua DPP, yakni Komarudin Watubun, Eriko Sotarduga, Ribka Tjiptaning, Yanti Sukamdani, Nusyirwan Soedjono, Sri Rahayu, dan Rokhmin Dahuri. 

Selain itu juga hadir Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, Hamka Haq, dan Djarot Saiful Hidayat serta Wakil Bendaraha Umum PDIP Rudiyanto Tjen.

BACA JUGA: Partai Besutan Amien Rais Jadikan Emak-Emak sebagai Motor Pemenangan di 2024

Advertisement

Sedangkan sejumlah kepala daerah dari partai pemenang pemilu itu yang termasuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Medan Bobby Nasution, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Menteri Dalam Negeri yang baru saja dilantik Presiden Jokowi, Wempi Wetimpo. 

Dalam laporan panitia, sebanyak 192 kepala daerah dan wakil kepala daerah tingkat provinsi, kota, dan kabupaten diundang dalam acara itu. 

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat memberikan pengarahan mengatakan bahwa inti konsolidasi PDIP yang harus diingat kader dan seluruh Tiga Pilar yakni konsolidasi menyeluruh, mengejar prestasi Tiga Pilar seluruh lini dan mendukung pemerintahan Jokowi.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Malioboro Mall Gelar Christmas Under the Sea untuk Rekreasi Keluarga

Jogja
| Rabu, 30 November 2022, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement