Advertisement

Pemerintah Jepang Anugerahi Mantan Wapres Indonesia Bintang Jasa

Nugroho Nafika Kassa
Selasa, 10 Mei 2022 - 11:27 WIB
Galih Eko Kurniawan
Pemerintah Jepang Anugerahi Mantan Wapres Indonesia Bintang Jasa Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. - Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, MAKASSAR - Pemerintah Jepang menganugerahkan bintang jasa kepada Jusuf Kalla. Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 ini dinilai telah berjasa dalam memperkokoh hubungan antara Jepang dan Indonesia.

Penganugerahan bintang jasa tersebut diumumkan melalui laman resmi Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia. Bintang tanda jasa yang diberikan kepada JK, sapaan karib Jusuf Kalla ialah Grand Cordon of the Order of ther Rising Sun.

Advertisement

Jasa utamanya ialah memberikan kontribusi bagi peningkatan hubungan dan persahabatan antara Jepang dan Indonesia.

"Selama menjabat sebagai Wakil Presiden, beliau (JK) banyak berkontribusi dalam membangun dan menjaga hubungan baik antar negara melalui langkah-langkah diplomatiknya, khususnya bersama pemerintah Jepang. Sampai sekarang pun beliau masih menjaganya sengan sangat baik," tutur Subhan Djaya Mappaturung, Chief Legal Officer & Coeporate Secretary KALLA, Senin (9/5/2022).

Kontribusi JK menurut pemerintah Jepang ialah saat menjabat sebagai wakil presiden selama 10 tahun. Selama masa jabatan tersebut, JK dianggap secara konsisten membantu melakukan koordinasi atas berbagai hal baik di dalam maupun di luar kabinet melalui kerja sama dengan kalangan politik dan ekonomi Jepang. Sehingga memberikan kontribusi besar bagi peningkatan hubungan Jepang-Indonesia.

Selain itu, JK juga terus memberikan perhatiannya pada upaya rekonstruksi Jepang akibat Gempa Bumi Bagian Timur (Tohoku) 2011. Diantaranya menghadiri Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa terkait Penanganan Bencana sebagai perwakilan Indonesia yang diselenggarakan di Jepang.

Sebagai Founder KALLA, JK juga berhasil membangun hubungan bisnis dengan perusahaan otomotif asal Jepang, yaitu Toyota. KALLA yang telah menjadi salah satu founder dealer Toyota di Indonesia pun saat ini konsisten menjadi market leader di area penjualannya, yakni di Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Selain Jusuf Kalla, ada pula dua figur lainnya yang dianugerahi bintang jasa, yakni Sri Sultan Hamengkubuwono X dan mantan Duta Besar RI untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra. Masing-masing mendapatkan bintang tanda jasa The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement