Advertisement

Gereja & Situs Budaya Dihancurkan Rusia, Ukraina Minta Ruang Udara Ditutup

Edi Suwiknyo
Jum'at, 04 Maret 2022 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Gereja & Situs Budaya Dihancurkan Rusia, Ukraina Minta Ruang Udara Ditutup Sebuah bangunan tempat tinggal yang dihancurkan oleh misil Rusia di kota Irpin, di wilayah Kyiv, Ukraina - Aljazeera/ Reuters.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Beberapa tempat bersejarah maupun situs budaya Ukraina menjadi sasaran pemboman tentara Rusia dalam invasi yang sudah berlangsung lebih dari sepekan. Menteri Kebudayaan dan Kebijakan Informasi Oleksandr Tkachenko menyerukan penutupan langit di atas Ukraina. 

Menurutnya, sebagian sasaran perang Putin di Ukraina dilakukan dari udara. Sirene serangan udara terdengar 60 kali hanya di Kyiv.  

Advertisement

Rudal dan pesawat Rusia sengaja menghancurkan pusat-pusat bersejarah kota-kota besar. Putin ingin menghancurkan warisan dan budaya Eropa, menghapusnya dari muka bumi,” kata Oleksandr dilansir dari laman resmi Pemerintah Ukraina, Jumat (4/3/2022). 

Olek menambahkan, di Kharkiv, Rusia menembaki Katedral Assumption, tempat orang-orang bersembunyi, gedung-gedung Universitas Seni Nasional Kharkiv, Asrama Akademi Kebudayaan Negeri Kharkiv, dan di Ivankov dekat Kiev - museum seniman terkenal dunia Maria Pryimachenko, yang karyanya dikagumi oleh Pablo Picasso.  

Akademi Seni dan Desain Dekoratif Negara Kyiv yang dinamai Mykhailo Boychuk juga tidak luput dirusak oleh Rusia.

Seorang diktator gila mengancam akan menghancurkan Katedral St. Sophia di Kyiv, sebuah gereja UNESCO yang dibangun pada abad ke-11!,” tegasnya.

 Ratusan korban tak berdosa, kehancuran total gereja, katedral dan museum - adalah harga dari langit yang masih terbuka di atas Ukraina,”imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tingkatkan Kesertaan KB Pria, Perwakilan BKKBN DIY Selenggarakan Kelompok KB Pria

Jogja
| Kamis, 18 April 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement