Advertisement

Akhir Tahun, Bayar Tol Cukup Pakai Ponsel

Muhammad Ridwan
Senin, 14 Februari 2022 - 21:17 WIB
Budi Cahyana
Akhir Tahun, Bayar Tol Cukup Pakai Ponsel Gerbang Tol Pamulang di Jalan Tol Serpong-Cinere. - Jasa Marga

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Pemerintah akan mencoba transaksi pembayaran jalan tol nontunai dan tanpa sentuhan pada akhir tahun ini sehingga pengguna tidak perlu membayar memakai kartu, tetapi cukup menggunakan ponsel.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan sistem transaksi tol multi lane free flow akan mulai diterapkan di sejumlah ruas jalan tol khususnya di DKI Jakarta pada akhir tahun nanti. Sistem tersebut akan menggunakan aplikasi Cantas yang akan terhubung dengan dompet digital, layanan perbankan, dan juga kartu kredit.

Advertisement

BACA JUGA: Jadwal Operasi Tol Jogja-Solo, Ruas Ring Road Digarap Terakhir

Danang menuturkan implementasi sistem transaksi pembayaran jalan tol itu akan menggunakan teknologi global navigation satelite system (GNSS) yang akan membantu mengenali kendaraan dan juga pemilik ponsel yang akan otomatis menyelesaikan transaksi pembayaran.

Nantinya, penggunaan aplikasi tersebut harus mendaftarkan identitas kendaraan dan juga nomor telepon yang akan digunakan.

"Desember akan mulai sebagian besar di Jakarta, pengemudi hanya akan melalui jalan tol tanpa harus menempelkan kartu ke mesin," ujarnya dalam acara Casual Talks On Digital Payment Innovation Of Banking, Senin (14/2/2022).

Danang mengungkapkan pada saat ini tantangan dari penerapan sistem pembayaran itu bukan terletak dari aspek teknis, namun lebih kepada pemberian edukasi untuk para konsumen.

BACA JUGA: Dokumen Pengadaan Tanah Tol Jogja YIA Segera Diserahkan ke Pemda DIY 

Pekerjaan besar yang dilakukan adalah pemberian edukasi kepada konsumen ritel dan juga konsumen korporasi, terutama para pemilik perusahaan truk yang merupakan konsumen terbesar jalan tol.

"Kami akan pertama kali meluncurkan pengoperasian komersial sistem nirsentuh nontunai ini pada akhir tahun ini jadi yang kerja besarnya bukan di sisi teknik tapi di sisi edukasi," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cara Membeli Tiket KA Bandara Jogja via Online

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement