Advertisement

Selain Indonesia, Sejumlah Negara Ini Juga Pernah Pindahkan Ibu Kotanya

Intan Riskina Ichsan
Kamis, 20 Januari 2022 - 20:47 WIB
Bhekti Suryani
Selain Indonesia, Sejumlah Negara Ini Juga Pernah Pindahkan Ibu Kotanya Suasana sepi di sekitar Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (1/6/2021). Malaysia meluncurkan paket US9,7miliar untuk membantu orang dan perusahaan saat lockdown nasional selama dua minggu yang dimulai hari ini. Bloomberg - Samsul Said

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Indonesia berencana memindahkan ibu kotanya dari Jakarta ke pulau Kalimantan.

Lokasi yang diusulkan adalah di provinsi Kalimantan Timur, dekat kota-kota regional Balikpapan dan Samarinda yang berada di pusat geografis kepulauan Asia Tenggara dan wilayah di mana pemerintah sudah memiliki sekitar 180.000 hektar lahan.

Advertisement

Berikut adalah beberapa negara lain yang telah memindahkan ibu kota atau pusat pemerintahannya selama bertahun-tahun, dilansir dari Channel News Asia:

1. Malaysia

Malaysia memindahkan pusat pemerintahannya pada tahun 1999 ke Putrajaya dari Kuala Lumpur, yang tetap menjadi ibu kota nasional tempat raja tinggal, serta pusat komersial dan keuangan negara. Dibayangkan oleh Dr Mahathir Mohamad selama tugas pertamanya sebagai perdana menteri, langkah itu untuk mengurangi kemacetan perkotaan Kuala Lumpur yang semakin meningkat.

2. Myanmar

Myanmar memindahkan ibu kotanya dari Yangon ke Naypyidaw tengah pada pertengahan 2000-an. Kota yang luas itu memiliki luas hampir enam kali lipat dari luas daratan New York. Ini membanggakan replika Pagoda Shwedagon Yangon dan jalan raya 20 jalur, meskipun sering kosong karena kota ini jarang penduduknya.

3. Australia

Ibu kota Australia yang dibangun khusus, Canberra, menjadi resmi pada akhir 1920-an sebagai kompromi antara saingan Sydney dan Melbourne, yang keduanya mengerdilkan populasinya yang sederhana sekitar 400.000.

4.  Pakistan

Pakistan memindahkan pusat pemerintahannya dari Karachi di pantai paling selatan ke kota Islamabad yang dibangun khusus pada 1960-an. Ibukota baru, yang dikembangkan oleh seorang arsitek Yunani, dikenal dengan kehijauan dan standar hidup yang berkualitas.

5. Kazakhstan

Ibukota Kazakhstan, Astana baru-baru ini berganti nama menjadi Nursultan setelah mantan presidennya menjadi pusat administrasi negara itu pada tahun 1997, mengambil mahkota dari Almaty. Dirancang oleh arsitek Jepang, kota ini dikenal dengan cakrawala futuristiknya.

6. Mesir

Mesir berencana untuk pindah ke ibukota administratif baru yang sedang dibangun di gurun sekitar 45 km dari pusat kota Kairo yang penuh sesak, sebuah kota berpenduduk hampir 20 juta jiwa.

Advertisement

7. Nigeria

Negara terpadat di Afrika memindahkan ibu kotanya pada tahun 1991 dari Lagos yang padat ke Abuja, sebuah kota terencana yang dibangun pada 1980-an yang lebih sentral dan tidak terlalu padat.

8.  Brasil

Brasil mulai memindahkan ibu kotanya ke Brasilia dari Rio de Janeiro pada tahun 1960. Terletak di pedalaman Amazon yang luas di negara itu, ia diakui untuk arsitektur modernis berskala besar dan ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1987.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Sudah Masuk Kemarau, DIY Masih Sering Dilanda Hujan, Ini Penyebabnya

Jogja
| Minggu, 22 Mei 2022, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Piknik Gunungkidul, Sempatkan Singgah ke "Surga Kecil" yang Satu Ini

Wisata
| Sabtu, 21 Mei 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement