Advertisement

Catat Jamnya! Sore Ini Ada Puncak Hujan Meteor Draconid

Mia Chitra Dinisari
Jum'at, 08 Oktober 2021 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Catat Jamnya! Sore Ini Ada Puncak Hujan Meteor Draconid Semburan meteor menerangi langit malam pada Agustus 2009. - NASA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Hari ini diprediksi akan ada fenomena langit puncak Hujan Meteor Draconid. Fenomena ini menurut Lapan dapat disaksikan dengan mata biasa.

Berdasarkan keterangan Lapan, hujan Meteor Draconid sebenarnya sudah aktif sejak 6 hingga 10 Oktober dan puncaknya terjadi pada 8 Oktober pukul 16.00 WIB/17.00 WITA/18.00 WIT.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Hujan meteor ini dinamai berdasarkan titik radian (titik asal munculnya hujan meteor) yang terletak di konstelasi Draco. Hujan meteor Draconid berasal dari sisa debu komet 21P/Giacobini-Zinner yang mengorbit Matahari setiap 6,6 tahun.

Baca juga: Hari Terakhir ANBK: Sekolah Siapkan Murid Cadangan untuk Antisipasi Ketidakhadiran

Oleh karenanya, hujan meteor ini dikenal juga dengan nama Giancobinid. Meskipun hujan meteor ini sempat menjadi hujan meteor spektakuler sepanjang sejarah, sebagian besar pengamat langit menganggapnya sebagai salah satu hujan meteor yang kurang begitu menarik disaksikan.

"Hujan meteor ini dapat disaksikan sejak awal senja bahari selama 3 jam dari arah utara-barat laut hingga barat laut dengan intensitas antara 4-6 meteor per jam jika cuaca cerah dan bebas polusi cahaya. Akan tetapi, bagi pengamat di area perkotaan hanya akan menyaksikan antara 1-2 meteor per jam. Ketampakan hujan meteor Draconid terbaik jika diamati dari belahan Bumi Utara," tulis Lapan di website resminya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Marak Isu Penculikan Anak, Sultan Minta Masyarakat DIY Tetap Tenang

Jogja
| Jum'at, 03 Februari 2023, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Traveloka Dorong Digitalisasi Pariwisata di DIY

Wisata
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement