Elektabilitas Merangkak Naik, Dukungan untuk Ganjar Bermunculan

Sekelompok elemen masyarakat mendeklarasikan diri sebagai sukarelawan Ganjar. - Ist.
09 Agustus 2021 04:57 WIB Sunartono News Share :

Harianjogja.com, BALI—Dukungan untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mulai bermunculan dari berbagai elemen masyarakat. Kelompok masyarakat ini mengharapkan Ganjar maju sebagai Calon Presiden pada Pemilu 2024 mendatang.

Sukarelawan yang menamakan diri sebagai Sahabat Ganjar di Tabanan Bali mendeklarasikan diri untuk memberikan dukungan kepada Ganjar, Minggu (8/8/2021). Sebelumnya sukarelawan di Kota Jogja juga melakukan deklarasi serupa pada Juni 2021 lalu. Kemudian pada awal Juli 2021 lalu juga muncul kelompok sukarelawan Ganjarist yang melakukan deklarasi di 14 daerah untuk memberikan dukungan terhadap Ganjar.

BACA JUGA : Survei Capres 2024 di DIY: Elektabilitas Ganjar Ungguli

Dukungan itu bukan tanpa dasar mengingat elektabilitas Ganjar terus meroket. Pada Awal Juli lalu Survei Voxpol Center menempatkan Ganjar Pranowo sebagai kandidat calon presiden (capres) yang memiliki elektabilitas paling tinggi. Elektabilitas Ganjar tercatat sebanyak 19,2 persen, mengungguli Prabowo Subianto yang elektabilitasnya di angka 18,9 persen. Sementara posisi ketiga dan keempat masing-masing ditempati oleh Anies Baswedan dengan angka 14,1 persen dan Sandiaga Uno 8,3 persen.

Terbaru, Survei New Indonesia Research & Consulting merilis pada Minggu (8/8/2021) elektabilitas Ganjar di angka 20,5% disusul Prabowo 16,7% dan Ridwan Kamil 16,1%. Survei ini dilakukan pada 21 hingga 30 Juli 2021 kepada 1.200 responden yang dipilih secara acak dengan margin of error sekitar 2,89 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

“Menurut hasil lembaga survei elektabilitas Ganjar Pranowo mengalami peningkatan pesat, mencapai 20,5 persen. Para sukarelawan pun semakin yakin kemampuan Ganjar mampu melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan Pak Jokowi, maka kami pun mendeklarasikan Sahabat Ganjar Provinsi Bali,” kata Ketua Sahabat Ganjar Provinsi Bali, I Gusti Gede Arya Teja dalam rilisnya Minggu (8/8/2021).

BACA JUGA : Survei Y-Publica: Elektabilitas Ganjar Pranowo Jauh Lebih

Ia menilai masyarakat Bali suka dengan gaya kepemimpinan Ganjar yang sederhana dan dekat dengan masyarakat. Hal ini sejalan dengan gaya kepemimpinan Presiden Jokowi. Oleh karena itu sukarelawan bertekad terus memberikan dukungan agar Ganjar maju sebagai Capres pada Pemilu 2024 mendatang.

“Sahabat Ganjar sebagai organisasi sukarelawan yang terus mengalami peningkatan jumlahnya. Kami perlu melakukan mendeklarasikan dan ke depannya akan melakukan berbagai kegiatan guna mendukung pak Ganjar untuk terus maju di Pilpres 2024,” katanya.

Ia mengatakan jumlah sukarelawan sebenarnya sudah mencapai ribuan, namun pelaksanaan deklarasi hanya dihadiri perwakilan demi mencegah terjadinya kerumunan.

“Kami akan menyusun berbagai program untuk mendukung kegiatan Pak Ganjar agar elektabilitasnya terus naik, semakin dicintai rakyat Indonesia. Kegiatan kami lakukan dengan prokes ketat dan sesuai aturan pemerintah,” ujarnya.

Sumber : Antara, JIBI.