Advertisement

Lebih Baik Pakai Masker Ganda atau N95?

Sartika Nuralifah
Selasa, 27 Juli 2021 - 20:57 WIB
Bhekti Suryani
Lebih Baik Pakai Masker Ganda atau N95? Masker N95

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Selain dengan vaksin, salah satu langkah pencegahan penularan covid-19 yang harus kita lakukan adalah terus mengenakan masker.

Dengan varian baru yang muncul, dokter juga merekomendasikan untuk menggunakan bentuk perlindungan yang lebih kuat.

Double masking atau masker ganda direkomendasikan secara luas selama gelombang kedua COVID-19 di India. Di tempat lain, masker N95 juga sangat disarankan.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Di masa yang akan datang karena kita harus melindungi diri dari virus yang lebih kuat, apa masker yang lebih baik untuk melindungi kita? Double masking atau masker N95?

Pada awalnya double masking pertama kali digunakan oleh para garda terdepan alias tenaga kesehatan, layering dua masker di atas yang lain dapat meningkatkan efektivitas. Secara medis, menggunakan lapisan tambahan, atau double masking dapat menciptakan penghalang yang akan menghentikan kuman dan virus dalam menyebarkan infeksi.

Seperti yang dijelaskan pakar, kombinasi terbaik dari double masking yang mengurangi risiko infeksi adalah dengan melapisi masker bedah dengan masker kain

Kemudian, masker N95 dengan atau tanpa respirator, telah diminati sejak pandemi dimulai. Diketahui masker N95 super efektif bahkan sebelum SARS-COV-2 beredar. Masker ini menjadi alternatif yang lebih baik untuk masker bedah.

Efektifitasnya bekerja secara drastis dalam memfilter dan menghentikan polutan, virus dan bakteri dari mulut atau hidung lorong, dengan kemanjuran 95% terhadap partikel udara.

Dibandingkan dengan semua jenis masker lainnya, masker N95 menawarkan peluang perlindungan tertinggi.

Advertisement

Menggunakan masker N95 telah direkomendasikan untuk bisa menghadapi risiko paparan tinggi.

Masker N95 juga memiliki keterbatasan tertentu, karena mereka tidak dapat digunakan kembali, sehingga kurang hemat biaya. Disinfeksi dan penggunaan kembali masker ini bisa dilakukan tapi membutuhkan protokol yang tepat agar efektif.

Baik masker N95 maupun double masking dapat meningkatkan perlindungan Anda dalam lingkungan yang berisiko dan transmisi udara. Namun, secara medis, menggunakan masker N95 mungkin merupakan ide yang lebih bijaksana, karena mereka menawarkan salah satu tingkat efektifitas tertinggi.

Advertisement

BACA JUGA: 17 Ibu Hamil Terinfeksi Covid-19 di Bantul Meninggal Dunia

Masker N95 juga dapat sangat membantu ketika Anda mengunjungi tempat yang sangat berisiko misalnya, rumah sakit dan tempat yang sangat ramai. Karena masker N95 punya kekurangan, idealnya kita hanya akan menggunakannya di tempat-tempat tertentu dan double masking jika Anda pergi ke pasar, daerah yang lebih kecil atau berkumpul.

Jika Anda berada di sekitar orang-orang yang telah divaksinasi, menggunakan double masking akan ideal. Jika Anda pergi ke taman atau berolahraga, double masking juga akan menawarkan lebih banyak kenyamanan dan kemudahan penggunaan.

Oleh karena itu, kedua masker ini sama efektifnya. Seharusnya ditekankan bahwa masker mana pun hanya akan efektif, selama itu dipakai dengan benar. Baik itu masker N95 atau double masking.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Tepis Temuan ORI tentang Penjualan Seragam, Begini Penjelasan Disdikpora Bantul & Sekolah

Bantul
| Selasa, 27 September 2022, 17:02 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement