Tak Hanya Rektor UI Ari Kuncoro, Ini Daftar Rektor yang Rangkap Jabatan sebagai Komisaris

Rektor UI Ari Kuncoro/ui.ac.id
23 Juli 2021 19:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Polemik Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro yang merangkap jabatan sebagai komisaris di BUMN ternyata bukan satu-satunya.

Ada beberapa rektor yang juga merangkap jabatan komisaris di sejumlah perusahaan. Setelah sebelumnya Rektor UI Ari Kuncoro mundur dari Wakil Komisaris Utama/Komisaris BRI.

Berikut daftarnya:

Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas)

Rektor Unhas Dwia Aries Tina Pulubuhu menjabat sebagai komisaris di PT Vale Indonesia. Pengangkatan Dwia dibenarkan oleh Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Hubungan Masyarakat Unhas, Ishaq Rahman. Dia menyebut, Dwia Aries menjabat sebagai Komisaris Independen di perusahaan pertambangan tersebut.

Alasan pemegang saham mengangkat rektor Unhas sebagai komisaris Independen perseroan lantaran disebut memiliki pengetahuan dan riset yang luas terkait penyelesaian konflik serta pengembangan masyarakat.

Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII)

Selain menjadi Rektor UIII, Komarudin Hidayat juga menjabat sebagai Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia (BSI).

Komarudin diangkat sebagai petinggi bank BSI usai pemegang saham melakukan merger sejumlah bank syariah pelat merah dan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Desember 2020 lalu.

Penunjukan Komarudin sempat menuai polemik lantaran Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar membantah penunjukan Rektor UIII sebagai Komisaris Independen telah mendapatkan restu dari Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres).

"Bersama ini dapat disampaikan bahwa hal tersebut tidak benar," kata dia melalui pers rilisnya, Kamis (8/7/2021) lalu.

Rektor Universitas Bengkulu

Rektor Universitas Bengkulu Ridwan Nurazi resmi dilantik sebagai Komisaris Utama Bank Bengkulu pada 2019 lalu. Dia dilantik langsung oleh Gubernur Bengkulu Rosidin Mersyah.

Ridwan mengatakan jabatan rangkap yang diembannya tersebut telah mendapatkan izin dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Artikel ini telah tayang di Okezone.com berjudul "Ini Daftar Rektor yang Rangkap Jabatan sebagai Komisaris"

Sumber : Okezone.com