Advertisement

Survei: Mayoritas Rakyat Indonesia Tolak Jabatan Presiden Tiga Periode

Edi Suwiknyo
Minggu, 04 Juli 2021 - 13:07 WIB
Budi Cahyana
Survei: Mayoritas Rakyat Indonesia Tolak Jabatan Presiden Tiga Periode Presiden RI Joko Widodo. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA --  Salah satu isu yang muncul saat pandemi Covid-19 adalah adanya wacana jabatan presiden tiga periode.

Meski demikian, survei Voxpol Center menunjukkan mayoritas rakyat Indonesia (73,7 persen) menolak adanya wacana penambahan masa jabatan presiden menjadi 3 periode. 

Advertisement

Sementara yang setuju jabatan presiden 3 periode hanya 22,6 persen dan sisanya 3,7 persen tidak menjawab.  

"Ini artinya wacana yang digulirkan sebagian kalangan untuk mendorong presiden Joko Widodo untuk kembali dipilih sebagai presiden mendapat penolakan dari masyarakat," kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago, Sabtu (3/7/2021).

Adapun dari jumlah mayoritas pemilih yang menolak wacana ini beralasan bahwa penambahan masa jabatan presiden merupakan kemunduran demokrasi (33,4 persenl, regenerasi kepemimpinan nasional akan terhambat/mandeg (28,2 persen).

Sementara sisanya beralasan jabatan presiden 3 periode akan memicu menguatnya KKN dan oligarki (9,9 persen), pengkhianat demokrasi (8,7 persen) dan untuk menjebak presiden (4,6 persen).

Kendati demikian, Pangi mengatakan bahwa dari sisi kinerja pemerintahan di bawah kepemimpinan Joko Widodo dan Ma’ruf Amien 54,5 persen publik puas dengan kinerja pemerintahan sementara 43 persen tidak puas. 

"Angka ini menjadi lampu kuning bagi pemerintah untuk terus berbenah karena tingkat kepuasan saat ini terbilang masih belum cukup untuk mengatakan bahwa pemerintah sukses di mata publik," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sastrawan Joko Pinurbo Wafat di Usia 61 tahun

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 10:10 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement