Lolos Gelombang 17, Begini Cara Daftar Pelatihan Kartu Prakerja

Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
13 Juni 2021 03:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah telah resmi mengumumkan hasil seleksi pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 17  melalui laman www.prakerja.go.id, Kamis (10/6/2021).

Para peserta yang lolos mendaftar kartu prakerja akan mendapatkan insentif total Rp2,55 juta. Namun, untuk mendapatkan insentif tersebut para peserta perlu melakukan pelatihan program kartu prakerja.

Cara Daftar Pelatihan Kartu Prakerja

Lantas bagaimana cara ikut pelatihan kartu prakerja dalam platform digital mitra kartu prakerja?

- Pertama, pastikan dana pelatihan sudah muncul pada akun prakerja.
- Kedua, cek tiap-tiap platform digital mitra prakerja dan pilih pelatihan sesuai yang diminati. Pilihlah pelatihan dengan bijak karena kesempatan untuk mengikuti Kartu Prakerja hanya satu kali.
- Ketiga, pastikan biaya pelatihan yang tertera sesuai dengan dana pelatihan yang ada di dalam akun prakerja.
- Keempat, beli pelatihan yang akan diikuti dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja. Bila mengalami kendala dalam pembelian pelatihan, kamu dapat menghubungi contact center resmi program kartu prakerja, seperti Instagram @prakerja.go.id.
- Kelima, kerjakan pelatihan sesuai instruksi yang ada dalam platform mitra kerja prakerja yang kamu pilih.

Apabila pelatihan sudah selesai, dana insentif pertama kamu sebesar Rp600.000 akan muncul pada akun prakerjamu. Namun, bila saldo insentif belum muncul, coba cek kembali akun prakerjamu secara berkala.

Baca juga: PBNU Tolak Rencana Sekolah Dipajaki

Pastikan kamu menggunakan dana pelatihan sebelum batas waktu yang ditentukan, yaitu 30 hari setelah pengumuman. Karena apabila telah melalui batas waktu tersebut, maka status kepesertaan akan dibatalkan.

Bantuan Pelatihan dan Dana Insentif Kartu Prakerja

Sebagaimana dilansir dari laman Kemenkominfo, pemerintah memberikan bantuan pelatihan dan dana insentif melalui program kartu prakerja. Berikut rinciannya.

- Dana untuk ikut pelatihan sebesar Rp1000.000
- Insentif setelah menyelesaikan pelatihan sebesar Rp 600.000,- selama 4 bulan, sehingga total Rp2.400.000
- Dana survei sebesar Rp50.000 per sekali pengisian survei, dengan total Rp150.000

Untuk mendapatkan insentif tersebut, para peserta program kartu prakerja harus mengikuti pelatihan melalui platform digital yang telah bekerja sama.

Melansir dari laman www.prakerja.go.id, platform yang bekerja sama dengan program Kartu Prakerja antara lain Kemenaker.go.ig, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Tokopedia, Pijar, dan Ruang Guru.

Demikian cara daftar pelatihan Kartu Prakerja bagi yang lolos gelombang 17. Selamat dan sukses.

Sumber : suara.com