Advertisement

Kematian Akibat Covid-19 di India Pecah Rekor Lagi, Desakan Lockdown Menguat

Newswire
Minggu, 09 Mei 2021 - 22:57 WIB
Bhekti Suryani
Kematian Akibat Covid-19 di India Pecah Rekor Lagi, Desakan Lockdown Menguat Relawan dan kerabat bersiap untuk mengkremasi jenazah orang yang meninggal akibat penyakit virus corona (Covid-19), di tempat krematorium di desa Giddenahalli di pinggiran Bengaluru, India, Minggu (2/5/2021)./Antara Foto - Reuters/Samuel Rajkumar

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - India kembali melaporkan penambahan kasus kematian lebih dari 4.000 orang dalam sehari pada Minggu (9/5/2021) setelah sehari sebelumnya mencapai jumlah serupa.

Hal itu terjadi di tengah meningkatnya seruan untuk pemberlakuan penguncian atau lockdown nasional untuk menekan penyebaran virus Corona (Covid-19).

Advertisement

Kementerian Kesehatan India telah melaporkan penambahan 4.092 kematian dalam 24 jam terakhir. Dengan begitu, total jumlah kematian akibat Covid-19 di negara tersebut mencapai 242.362 orang.

Jumlah kasus baru Covid-19 meningkat sebanyak 403.738 prang, sedikit lebih rendah dari angka rekor. Adapun, total kasus virus Corona sejak awal pandemi di India mencapai 22,3 juta.

India telah terdampak parah oleh gelombang kedua pandemi Covid-19 dengan kasus-kasus dan kematian mencapai rekor setiap dua hari. Dengan kekurangan yang signifikan akan pasokan oksigen dan tempat tidur di rumah-rumah sakit, serta kamar jenazah dan krematorium yang penuh, para ahli mengatakan bahwa angka kasus Covid-19 serta jumlah kematian yang sebenarnya mungkin jauh lebih tinggi.

Banyak negara bagian India telah memberlakukan penguncian yang ketat dalam satu bulan terakhir untuk menekan lonjakan infeksi, kala negara bagian lain mengumumkan pembatasan terhadap pergerakan publik dan menutup bioskop, restoran, pub, dan pusat perbelanjaan.

Namun tekanan terus ditujukan terhadap Perdana Menteri Narendra Modi untuk mengumumkan penguncian nasional, seperti apa yang telah diberlakukan pada gelombang pertama pada tahun lalu.

BACA JUGA: Konsumsi Ganja, Mahasiswa di Seturan Sleman Diciduk Polisi

Pada Sabtu, India melaporkan angka kematian Covid-19 harian tertingginya dengan 4.187 korban meninggal dunia. Institut Evaluasi dan Matriks Kesehatan mengestimasi bahwa India akan menyaksikan satu juta kematian akibat Covid-19 pada Agustus.

Dukungan telah mengalir dari berbagai negara di dunia dalam bentuk tabung-tabung oksigen dan konsentrator, ventilator, serta peralatan medis lainnya bagi rumah-rumah sakit yang kewalahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara/Reuters

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU

Kulonprogo
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement