Advertisement

Pemerintah Buka Peluang Peserta Turnamen Esports Gabung Timnas

Newswire
Minggu, 18 April 2021 - 07:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pemerintah Buka Peluang Peserta Turnamen Esports Gabung Timnas Suasana babak Grand Final Piala Presiden Esports 2019 yang berlangsung di Istora Senayan pada Minggu (31/3/2019). - Bisnis/Rahmad Fauzan

Advertisement

Harianjogja.com, SURABAYA – Pemerintah melalui Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainuddin Amali membuka peluang peserta turnamen Esports yang digelar Organisasi kepemudaan Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Jawa Timur diberi kesempatan menjadi bagian dari Tim Nasional.

"Saya harapkan peserta sungguh-sungguh dan serius karena bukan tidak mungkin dari 'event' ini muncul talenta mengisi Timnas kita," ujarnya di sela membuka "Youth E-sports Tournament 2021" secara virtual, Sabtu (17/4/2021).

Advertisement

Politikus Partai Golkar tersebut mengapresiasi penyelenggaraan turnamen yang melibatkan peserta dari berbagai daerah di Tanah Air, dan optimistis mampu melahirkan atlet terbaik.

"Jangan hanya berhenti sampai di sini, tapi turnamen serupa harus lebih ditingkatkan lagi. Selamat berkompetisi," ujarnya.

Sementara itu, turnamen Piala Menpora yang memperebutkan hadiah total sebesar Rp200 juta tersebut resmi dimulai, dan tercatat sebanyak 14.098 tim dari seluruh Indonesia ambil bagian.

Ketua DPD AMPI Jatim Pranaya Yudha Mahardika mengapresiasi minat peserta yang luar biasa terhadap turnamen esports ini. Jumlah tim yang mendaftar Piala Menpora tercatat lebih dari 14.000 tim.

"Ini melebihi target panitia yang semula 10.000 tim. Setiap harinya akan ada 1.500 pertandingan online," kata Pranaya di Surabaya.

Turnamen, kata dia, memperbolehkan peserta dari Sabang sampai Merauke yang penyelenggaraannya dilakukan secara daring sehingga dipastikan turut membantu promosi wisata Jatim di kancah nasional.

"Semifinal dan final 30 Mei 2021 rencananya hybrid, dan lokasinya di area wisata, yaitu di Taman Candra Wilwatikta Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Tentu ini juga upaya lebih memperkenalkan destinasi-destinasi wisata Jatim, khususnya yang berada di sekitar lokasi," kata dia.

Di tempat sama, Ketua Dewan Pembina AMPI Jatim Muhammad Sarmuji berpesan kepada pengurus AMPI, khususnya panitia agar bersinergi dan benar-benar menjunjung tinggi sportivitas bertanding.

"Turnamen ini membawa banyak nama yang dipertaruhkan, ada Jatim ada juga Kemenpora. Maka tebus nama baik mereka dengan suksesnya kegiatan ini," tutur Anggota Komisi XI DPR RI tersebut.

Tak hanya sukses berlomba, lanjut Samuji, dari hasil turnamen diharapkan mampu melahirkan atlet yang mampu bertanding di kancah nasional maupun internasional.

"Saya yakin banyak bakat-bakat muda muncul dari turnamen ini. Jangan setelah turnamen, terus selesai, tapi saring dan cari atlet-atlet berbakat untuk diberdayakan serta dikembangkan," tutur Ketua DPD I Golkar Jatim tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Takbir Keliling di Bantul Boleh tetapi Terbatas, Tak Boleh Ada Petasan dan Obor Api

Bantul
| Selasa, 19 Maret 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement