Advertisement

Tiga Sosok Pertama yang Akan Divaksin di Kulonprogo Masih Tanda Tanya

Jalu Rahman Dewantara
Senin, 11 Januari 2021 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tiga Sosok Pertama yang Akan Divaksin di Kulonprogo Masih Tanda Tanya Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo masih mendata tiga sosok pertama yang akan mendapat vaksinasi tahap awal di luar tenaga kesehatan (nakes). 

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo Baning Rahayujati mengatakan tiga orang pertama yang bakal mendapat vaksinasi Covid-19 adalah kepala daerah, tokoh organisasi profesi dan tokoh agama atau publik figur. Namun pihaknya belum menentukan tiga sosok tersebut. 

Advertisement

"Sekarang masih pendataan, dan baru akan diputuskan besok Selasa [(12/1/2021)] sembari menunggu koordinasi dengan provinsi," kata Baning kepada awak media Senin (11/1/2021). 

Baca juga: Industri Pariwisata Terdampak PPKM, Singgih Raharjo: Belum Ada Rencana Relaksasi

Setelah tiga sosok itu divaksinasi, baru kemudian menyasar nakes. Adapun pendataan sampai hari ini sudah ada sekitar 3.233 nakes medis dan penunjang pelayanan kesehatan baik itu di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) milik pemerintah maupun swasta di Kulonprogo yang diprioritaskan mendapat imunisasi tersebut. 

Baning menjelaskan untuk pelaksanaan vaksinasi di Kulonprogo rencananya dilakukan paling cepat pada pekan kedua Januari 2020 sesuai dengan aturan pusat. Proses ini dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama Januari-April 2021 menyasar nakes, SDM pelayanan publik dan kesehatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Tahap kedua Apri-Maret 2022 diperuntukkan bagi masyarakat umum dan pelaku usaha. 

"Tempat pelayanan kesehatan sudah ditetapkan untuk tahap pertama kami menetapkan 24 fasyankes yakni 21 puskesmas, dua rumah sakit pemerintah dan satu klinik bhayangkara milik Polri. Sedangkan RS atau klinik yang lain masih dilakukan assessment apakah pada tahap berikutnya bisa dilibatkan didalam pelayanan vaksinasi ini," ujarnya. 

Baca juga: Partisipasi Aktif Masyarakat Dibutuhkan untuk Penanggulangan Corona

Pelaksanaan vaksinasi di Kulonprogo sendiri akan melibatkan ribuan tenaga vaksinator. Dinkes setempat sebelumnya telah melatih 77 petugas di 24 fasyankes tentang tata cara vaksinasi. Kemudian pada 11-13 Januari dilakukan pelatihan tahap ke dua untuk SDM yang belum dilatih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement