Advertisement

Orang-Orang Ini Banyak Dibicarakan Publik untuk Menjadi Menteri Jokowi

Edi Suwiknyo
Selasa, 22 Desember 2020 - 10:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Orang-Orang Ini Banyak Dibicarakan Publik untuk Menjadi Menteri Jokowi Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan pada Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, 2 November 2020 - Youtube Setpres

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pada hari ini, Selasa (22/12/2020), Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan calon menteri barunya.

Setidaknya ada dua kursi menteri kosong yang bakal diisi karena pejabatnya ditangkap atau ditahan KPK. Sejumlah nama muncul dalam bursa calon menteri di kabinet Joko Widodo – Ma’ruf Amin, antara lain Wahyu Sakti Trenggono.

Advertisement

Wahyu saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan. Belakangan ini, namanya ramai disebut akan mengisi pos Menteri Sosial untuk menggantikan Juliari P. Batubara terjerat kasus Bansos Covid-19.

Selain Wahyu Sakti, calon menteri yang disebut-sebut bakal mengisi pos sebagai Mensos ialah Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya, Djarot Syaiful Hidayat, Eks Gubernur DKI Jakarta dan Eriko Sutarduga. Ketiganya berasal dari PDI Perjuangan.

Sementara untuk mengisi pos Menteri KKP, nama yang mencuat antara lain pengusaha Sandiaga Uno dan Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono yang juga diperkirakan bisa saja mengisi posisi sebagai Menteri KKP.

Sebelumnya, Kalangan muda dikabarkan akan mengisi kabinet jika perombakan menteri atau reshuffle jadi dilakukan oleh Presiden Jokowi.

Hal ini dikatakan oleh Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bidang Olahraga, Kesenian dan Milenial, Faisol Riza saat merespons isu yang berkembang tentang reshuffle 6 posisi di Kabinet Indonesia Maju.

"Akan masuk orang-orang muda yang menambah dinamisnya kabinet. Plus lainnya beberapa wamen juga akan ada tambahan," kata Faisol dikutip dari laman resmi PKB, Senin (21/12/2020).

Faisol yang juga Ketua Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) berkata, posisi Menteri Sosial (Mensos) dan Menteri Kelautan Perikanan (KKP) yang saat ini masih kosong akan segera terisi. 

Kemudian, ungkap Faisol, dua kursi menteri terkait percepatan vaksinasi dan pemulihan ekonomi berpotensi diganti Jokowi.

"Beberapa yang bisa digarisbawahi selain 2 posisi yang kosong, saya kira akan ada 2 posisi yang akan diganti juga terkait percepatan vaksinasi dan percepatan pemulihan ekonomi," ucapnya.

Namun, Faisol enggan berkomentar lebih jauh mengenai kursi menteri mana saja yang akan terkena reshuffle. Ia meminta masyarakat menunggu keputusan Jokowi.

Rencana ini sekaligus mengakhiri spekulasi soal kepastian waktu pengumuman reshuffle  kabinet yang berhembus kencang akhir-akhir ini.

Perkenalkan Calon Menteri

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono membenarkan bahwa besok Presiden Jokowi akan memanggil calon-calon menteri ke Istana.

Heru juga memastikan bahwa Presiden Jokowi akan memperkenalkan calon-calon menteri baru ke publik.

"Tentunya akan diperkenalkan kepada publik oleh bapak Presiden yang waktunya menyesuaikan waktu bapak Presiden. Bisa pagi atau siang," kata Heru dikutip, Selasa (22/12/2020).

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement