Advertisement

Mendagri: DIY Sama Sekali Tidak Menganggarkan Dana Hibah untuk FKUB

Newswire
Rabu, 04 November 2020 - 07:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mendagri: DIY Sama Sekali Tidak Menganggarkan Dana Hibah untuk FKUB Ilustrasi uang. - Bisnis/ Paulus Tandi Bone

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Anggaran untuk kegiatan Forum Kerukurnan Umat Beragama (FKUB) menjadi sorotan pemerintah. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyoroti masalah anggaran yang berpengaruh pada keaktifan forum tersebut. Menurutnya banyak FKUB yang tidak jalan karena minimnya anggaran.

Padahal Kemendagri telah mengeluarkan surat edaran bahwa pendanaan kegiatan FKUB bisa berasal dari APB dalam bentuk hibah.

Advertisement

“Banyak tidak jalan karena tidak ada anggaran karena kegiatan perlu dilakukan terus menerus. Langkah pro aktif dilakukan terus menerus,” katanya dalam Rapat Koordinasi Nasional Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang digelar secara virtual, Selasa (3/11/2020).

Baca juga: Tahanan Penggelapan Motor Tewas Dikeroyok Belasan Orang

Dia mengatakan ada beberapa daerah yang bahkan sama sekali tidak menganggarkan dana hibah untuk FKUB yakni Bangka Belitung, DIY dan papua. Sementara sisanya dana hibahnya relatif kecil.

“Yang nilainya Rp1 miliar itu Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat. Jawa Tengah cukup tinggi. Kemudian juga Banten, Bali, NTB. Tertinggi Kalimantan Tengah dan Sulawesi Tengah, serta Sulawesi Selatan. Yang lain-lain memang angkanya kecil-kecil. Tidak terlalu besar tidak maksimal,” ungkapnya.

Tito menambahkan bahwa memasuki bulan November ini pembahasan APBD 2021 sudah mulai dilakukan. Dimana nantinya setiap rancangan APBD provinsi untuk tahun depan akan di-review oleh Kemendagri.

Dia memastikan tidak akan meloloskan RAPBD jika tak ada alokasi bagi FKUB.

Baca juga: Sultan Berharap Sekolah Iklim Bisa Kurangi Risiko Dampak Cuaca Ekstrem

“Salah satu kebijakan yang saya sampaikan kepada dirjen keuangan daerah yang melakukan review kalau tidak ada anggaran hibah kepada FKUB maka rencana APBDnya akan saya tolak. Dan kemudian saya minta untuk dimasukan hibah untuk FKUB. Sehingga mesin ini bisa bergerak. Dalam rangka menjaga dan merawat kerukunan umat beragama,” pungkasnya. 

Berita ini sudah tayang di Okezone dengan judul "Mendagri Ancam Tolak APBD Jika Tak Ada Alokasi Anggaran untuk FKUB".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Sabtu 27 April 2024: Hujan Sedang di Siang Hari

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement