Advertisement

Temui Ribuan Demonstran, Gubernur Ganjar Malah Ajak Nyanyi Dangdut

Newswire
Selasa, 13 Oktober 2020 - 01:17 WIB
Nina Atmasari
Temui Ribuan Demonstran, Gubernur Ganjar Malah Ajak Nyanyi Dangdut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. - Ist/Dok Pemprov Jateng

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG - Ada yang menarik dalam demonstrasi di depan kantor Gubernur dan DPRD Provinsi Jawa Tengah, Senin (12/10/2020). Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menemui ribuan buruh yang berdemonstrasi saat itu.

Ganjar tiba-tiba langsung naik ke atas mobil berisi pengeras suara. Di atas mobil komando, Ganjar malah bertanya apakah dari ribuan buruh itu ada yang pandai menyanyikan lagu dangdut.

Advertisement

Neng kene ono ora sing iso nyanyi dangdut?” tanya Ganjar disambut teriakan para buruh yang mayoritas perempuan.

Baca juga: Jawab Tudingan Dalang Demo Tolak UU Cipta Kerja, SBY: Saya Jadi Korban

Sesaat kemudian seorang buruh bernama Desi, naik ke atas mobil komando. Oleh Ganjar, buruh tersebut diminta bernyanyi dangdut. Praktis, suasana demo di bawah terik matahari pun dipenuhi tawa.

Namun, sebelum buruh tersebut bernyanyi. Ganjar lantas meneriaki para buruh yang berdiri di taman tengah pembatas jalan Pahlawan. Ganjar meminta mereka untuk tidak menginjak-injak tanaman di situ.

Kui tamanku ojo diidak-idak. Demo ning ojo ngrusak tamanku,” ujar Ganjar.

Baca juga: Viral Mahasiswi Diputus Pacar Gara-Gara Ikut Demo Menolak UU Cipta Kerja

Ganjar kemudian mempersilahkan buruh tersebut untuk bernyanyi. Lagu Losdol milik penyanyi Denny Caknan dinyanyikan dan diikuti peserta aksi. Namun, Ganjar tertawa karena buruh yang bernyanyi itu malah mengaku grogi dan tak bisa meneruskan lagunya.

Grogi pak, aku jadi gak apal lagunya,” tutur buruh tersebut.

Halah grogi ngopo. Wong dikancani karo aku kok,” kata Ganjar.

Setidaknya ada 3 buruh yang naik mobil komando dan bernyanyi dangdut bersama Ganjar. Para buruh yang naik mobil komando itu, ‘diganjar’ bonus karena telah bernyanyi dan menghibur pendemo.

Dalam kesempatan itu pula, Ganjar tak henti-hentinya mengingatkan agar buruh yang berdemo tetap menjaga jarak dan mengenakan masker dengan caranya.

“Bapak ibu yang ada di sini, tolong jaraknya dijaga, ojo cedak-cedak. Maskernya dipakai. ora mung nggo corona, tapi ababmu mambu (bukan untuk mencegah corona saja, tapi nafasmu bau),” seloroh Ganjar.

Usai bernyanyi dengan para pendemo, Ganjar kemudian menyampaikan rasa terimakasihnya pada para buruh yang berdemo. Ganjar menyebut demo hari ini adalah demo terbaik.

“Hari ini saya sampaikan. Inilah demo buruh yang sangat tertib,” ucap Ganjar diikuti riuh pendemo.

Ganjar menjelaskan kepada para buruh pendemo, bahwa dirinya telah menghubungi setidaknya 3 Menteri untuk meminta penjelasan terkait UU Cipta Kerja.

“Saya sudah langsung menghubungi 3 menteri, saya sampaikan, sepertinya kita harus saling paham, apa isinya, kemarin yang menolak masih tidak paham. Kami juga tidak paham,” ucap Ganjar.

Kemudian, Ganjar mengatakan betapa khawatirnya dia melihat setiap demo yang terjadi. Sebab, saat ini masih dalam kondisi pandemi dan pertumbuhan kasus COVID-19 masih dinamis.

“Setiap hari naik, setiap hari naik, ini saya yang deg-degan. Ada PHK, Disnaker tiap hari saya minta temani. Sekarang di sana saya buka Posko Aduan,” kata Ganjar.

Posko tersebut, kata Ganjar, diharapkan bisa jadi corong informasi dan menerima usulan terkait dengan UU Cipta Kerja. Ganjar mengajak para buruh, untuk mendukung agar Jawa Tengah bisa menjadi solusi.

“Pokoknya semua enak Tapi jangan kerumunan (demo) terus. Buruh itu seperti ini, sampaikan dengan baik dan aman semuanya,” tegas Ganjar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement