Advertisement

Generasi Milenial ke Depan Terpaksa Harus Tinggal di Hunian Vertikal

Newswire
Kamis, 13 Agustus 2020 - 20:57 WIB
Bhekti Suryani
Generasi Milenial ke Depan Terpaksa Harus Tinggal di Hunian Vertikal Ilustrasi generasi milenial. - techcrunch.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Hunian vertikal ke depan bakal semakin banyak dicari.

Di masa depan, generasi milenial di Indonesia, mau tidak mau akan tinggal di hunian vertikal, mengingat keterbatasan lahan yang semakin terbatas untuk perumahan di kawasan perkotaan.

Advertisement

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan terus mendorong pembangunan hunian vertikal di kawasan perkotaan, sehingga generasi milenial dapat memiliki hunian yang nyaman dan dengan harga yang terjangkau, dengan berbagai fasilitas pembiayaan dari pemerintah.

“Saat ini, lahan di kawasan perkotaan untuk lokasi perumahan tapak semakin terbatas. Maka pembangunan hunian vertikal menjadi pilihan bagi generasi milenial jika ingin tinggal dan bekerja di kawasan perkotaan,” ujar Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Prof. Anita Firmanti, dalam kegiatan Webinar Serial I Hari Perumahan Nasional (Hapernas) Tahun 2020 bertema “Inspirasi Rumah Keren”, yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR bekerja sama dengan Bank BTN dan PT SMF, di Jakarta, Kamis (13/8/2020).

BACA JUGA: Beri Penghargaan ke Fadli Zon dan Fahri Hamzah, Jokowi: Saya Berkawan Baik

Menurut Anita, pembangunan hunian vertikal seperti rumah susun dan apartemen akan mendorong penggunaan tanah yang lebih efektif dan jumlah unit hunian yang cukup banyak. Selain itu, dengan tinggal di hunian vertikal di kawasan perkotaan, generasi milenial dapat lebih mudah menjangkau kawasan perkantoran yang menjadi lokasi kerjanya.

“Tentunya hal itu juga harus disesuaikan dengan penghasilannya. Jika memang penghasilannya belum mencukupi untuk memiliki unit hunian tersebut para generasi juga dapat memanfaatkan kredit pemilikan rumah (KPR) dari perbankan,” ujarnya.

Anita menerangkan, selain mendorong sejumlah kawasan transit oriented development (TOD) yang menyatukan antara kawasan hunian dengan moda tranportasi, pemerintah juga mendorong perbankan untuk bisa mempermudah penyaluran Kredit Perumahan Rakyat (KPR) untuk generasi milenial. Dengan demikian, mereka akan lebih tertarik untuk menyisihkan penghasilannya untuk membeli aset seperti rumah.

“Generasi milenial juga harus memikirkan aset rumah sebagai tempat tinggalnya di masa mendatang,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Bank Tabungan Negara (BTN), Hirwandi Gafar menerangkan, Bank BTN siap membantu generasi milenial untuk memiliki rumah yang layak huni, baik rumah tapak maupun rumah susun. Bank BTN pun telah menyalurkan KPR untuk ratusan ribu rumah di Indonesia dan merupakan bank yang fokus dalam program perumahan di Indonesia.

“Kami siap menyalurkan KPR bagi generasi milenial yang memang berniat tinggal di hunian vertikal. BTN merupakan satu-satunya bank yang memang fokus pada program perumahan dan menjadi mitra pemerintah dalam Program Sejuta Rumah,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkot Siap Wujudkan Satu Kampung Satu Perawat

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement