Harapan Baru Penyembuhan Covid-19, Pemerintah Segera Terbitkan Surat Pembuatan Vaksin Terapi Plasma

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo memberikan paparan saat pembekalan kebencanaan bagi media massa di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Kamis (21/2/2019). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga - hp.\\n
06 Juni 2020 22:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Terapi plasma segera digunakan di Indonesia untuk menyembuhkan pasien Covid-19.

Pemerintah akan mengeluarkan surat tugas pembuatan vaksin terapi plasma untuk mengobati pasien positif covid-19. Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo mengatakan terapi plasma beberapa kali terbukti menyembuhkan pasien covid-19 yang kritis.

Hal itu disampaikan Doni dalam wawancara bersama iNews-jaringan Harianjogja.com di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (6/6/2020). Rencana itu menurutnya sudah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

"Menteri Riset dan Teknologi telah melaporkan kepada bapak Presiden beberapa waktu lalu tentang rencana pembuatan vaksin," kata Doni.

Doni menjelaskan Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro segera mengeluarkan surat tugas pembuatan vaksin terapi plasma tak lama setelah melapor ke Presiden. Dia mengatakan upaya pembuatan vaksin terapi plasma merupakan bentuk kemandirian bangsa Indonesia dalam perang menghadapi covid-19.

"Mungkin dalam waktu tak lama beliau akan mengeluarkan surat tugas. Ini tidak akan mudah kalau kita mengharapkan vaksin dari luar, upaya dari dalam pun harus ada," ucapnya.

Dia menyebut dengan vaksin terapi plasma sejumlah pasien dengan kondisi kritis telah terbukti disembuhkan. Riset tentang vaksin terapi plasma ini disebutnya melibatkan berbagai pakar virus serta Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Vaksin terapi plasma yang sekarang dilakukan Kemenkes terbukti beberapa kali memulihkan pasien covid-19 yang kritis," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di iNews.id berjudul "Pemerintah Segera Terbitkan Surat Tugas Pembuatan Vaksin Terapi Plasma"

Sumber : Inews.id