Advertisement

Harapan Baru Penyembuhan Covid-19, Pemerintah Segera Terbitkan Surat Pembuatan Vaksin Terapi Plasma

Newswire
Sabtu, 06 Juni 2020 - 22:47 WIB
Bhekti Suryani
Harapan Baru Penyembuhan Covid-19, Pemerintah Segera Terbitkan Surat Pembuatan Vaksin Terapi Plasma Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo memberikan paparan saat pembekalan kebencanaan bagi media massa di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Kamis (21/2/2019). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga - hp.\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Terapi plasma segera digunakan di Indonesia untuk menyembuhkan pasien Covid-19.

Pemerintah akan mengeluarkan surat tugas pembuatan vaksin terapi plasma untuk mengobati pasien positif covid-19. Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo mengatakan terapi plasma beberapa kali terbukti menyembuhkan pasien covid-19 yang kritis.

Advertisement

Hal itu disampaikan Doni dalam wawancara bersama iNews-jaringan Harianjogja.com di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (6/6/2020). Rencana itu menurutnya sudah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

"Menteri Riset dan Teknologi telah melaporkan kepada bapak Presiden beberapa waktu lalu tentang rencana pembuatan vaksin," kata Doni.

Doni menjelaskan Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro segera mengeluarkan surat tugas pembuatan vaksin terapi plasma tak lama setelah melapor ke Presiden. Dia mengatakan upaya pembuatan vaksin terapi plasma merupakan bentuk kemandirian bangsa Indonesia dalam perang menghadapi covid-19.

"Mungkin dalam waktu tak lama beliau akan mengeluarkan surat tugas. Ini tidak akan mudah kalau kita mengharapkan vaksin dari luar, upaya dari dalam pun harus ada," ucapnya.

Dia menyebut dengan vaksin terapi plasma sejumlah pasien dengan kondisi kritis telah terbukti disembuhkan. Riset tentang vaksin terapi plasma ini disebutnya melibatkan berbagai pakar virus serta Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Vaksin terapi plasma yang sekarang dilakukan Kemenkes terbukti beberapa kali memulihkan pasien covid-19 yang kritis," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di iNews.id berjudul "Pemerintah Segera Terbitkan Surat Tugas Pembuatan Vaksin Terapi Plasma"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Inews.id

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Aksi Donor Darah di Wilayah DIY Hari Ini, Selasa 19 Maret 2024

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement