Susi Pudjiastuti Siap Tampung Rusa yang Terancam jadi Pakan Macan

Rusa. - Wikipedia
05 Mei 2020 09:27 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Susi Pudjiastuti yang juga mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti siap menampung puluhan rusa dari Bandung Zoological Garden (Bazoga) di lahan luas miliknya saat mengetahui pengelola kebun binatang tersebut akan menjadikan rusa sebagai makanan macan.

"Saya pelihara sangat mau.. saya ada kebun luas. Kalau boleh kontaknya siapa? 10 sd [sampai dengan] 20 ekor ataupun 30 ekor.. tempat saya masih cukup luas. Terima kasih," cuitnya dalam akun Twitter @susipudjiastuti, Senin (4/5/2020).

Adapun cuitan tersebut merupakan tanggapannya pada permintaan seseorang dengan akun Twitter @tony19isme kepada dirinya.

Dalam cuitannya, @tony19isme me-mention akun Susi Pudjiastuti untuk membantu kebun binatang di Bandung yang akan menyembelih rusa yang kemudian dijadikan makananan macan.

Kebenaran informasi tersebut sesuai dengan pernyataan Humas Bazoga Sulhan Syafi'i yang mengatakan bahwa anggaran untuk pakan hewan di Bazoga kian menipis sebagai dampak dari tidak adanya pengunjung.

"Kami terpaksa akan memotong rusa untuk pakan macan tutul jika dalam beberapa bulan ke depan virus corona masih berlangsung," katanya seperti dikutip dari Antara, Minggu (3/5/2020).

Selain itu, Bandung Zoological Garden diketahui juga telah menggalang donasi yang diumumkan melalui unggahan di akun Instagram @bandung_zoological pada Minggu (3/5/2020), untuk membantu operasional kebun binatang dalam merawat satwa di dalamnya.

Namun, donasi yang digalang bukan berbentuk uang melainkan pakan ternak seperti buah, daging, sayur, hingga obat-obatan dan perlengkapan medis.

Dalam beberapa hari terakhir, Susi Pudjiastuti memang menunjukan perhatian kepada pengelolaan kebun binatang. Di akun Twitter resminya, dia beberapa kali tampak me-retweet artikel dan berita terkait kebun binatang.

Dalam pesan singkatnya kepada Bisnis, Susi pun mengakui sangat peduli terhadap kondisi peliharaan kebun binatang saat ini. Tak hanya kebun binatang di Bandung, dia bahkan menawarkan hal serupa kepada Taman Satwa Semarang.

"Saya tawarin bawa ke pangandaran, saya lepas di kebun saya. Makanan banyak. Nanti, pulih corona silahkan ambil, daripada dipotong," jelasnya.

Namun, penawaran Susi itu mendapatkan penolakan. Alasannya, pengelola tidak ingin memindahkan binatang tersebut dari fasilitasnya.

Sebagai gantinya, pengelola kebun binatang menawarkan opsi donasi.

"Saya mau bantu. Tapi tidak dengan uang," tegasnya.

Sumber : Bisnis.com