Advertisement

Iklim Sama dengan Thailand, Indonesia Tak Kebal Virus Corona

Newswire
Sabtu, 29 Februari 2020 - 22:57 WIB
Bhekti Suryani
Iklim Sama dengan Thailand, Indonesia Tak Kebal Virus Corona Dokter sedang melakukan perawatan pada pasien virus corona. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Iklim di Indonesia yang panas belum bisa dijadikan pegangan kenapa daerah ini belum terpapar wabah Virus Corona.

Indonesia memang dinyatakan masih steril dari wabah virus Korona (COVID-19). Hingga saat ini, pemerintah belum mendeklarasikan adanya virus Korona di Tanah Air, meski penyebaran virus ini telah merambah hingga ke 60 negara.

Advertisement

Beredar kabar bahwa hal tersebut disebabkan oleh kondisi iklim di Indonesia. Cuaca panas diklaim membuat virus korona mati dan tidak dapat bermutasi.

Kendati demikian, Dr. Moh Adib Khumaidi S, POT, dari Ikatan Dokter Indonesia yang juga Ketua Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia menegaskan bahwa persoalan iklim ini belum dapat dipastikan, atau masih sekadar asumsi saja.

“Saya kira itu masih dalam bentuk asumsi bukan sebuah bentuk penelitian. Karena sampai sekarang WHO dan ahli medis pun masih melakukan penelitian lebih lanjut terkait virus korona ini,” tutur dr. Adib saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (29/2/2020).

Thailand yang beriklim sama dengan Indonesia sudah melaporkan adanya kasus COVID-19.

Adib memberikan perbandingkan iklim Indonesia dan Thailand. Menurut pemaparannya, Thailand yang beriklim sama dengan Indonesia sudah melaporkan adanya kasus COVID-19.

Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk tetap waspada. "Kita berharap sampai semua permasalahan ini selesai, tidak ada korona di Indonesia,” kata dr. Adib.

Dokter Adib juga kembali mengingatkan masyarakat Indonesia agar tetap tenang, dan selalu menjaga kebersihan serta kebugaran tubuh. Cara ini dinilai ampuh sebagai langkah antisipasi terhadap virus korona.

Gaya hidup bersih tersebut di antaranya rutin mencuci tangan dengan air bersih setelah beraktivitas, mengonsumsi makanan bergizi, mendapat istirahat yang cukup, dan rajin berolahraga.

“Karena prinsipnya penyakit itu self limiting desease jadi tergantung daya tahan tubuh kita,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Perayaan Paskah 2024, Tim Jibom Polda DIY Melakukan Sterilisasi Sejumlah Gereja di Jogja

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement