Jelang Pilkada Solo, Anak Jokowi Rajin Gelar Kompetisi Mobile Legends

Dua putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming Raka, dalam sebuah acara promo bisnis mereka di Jakarta, Minggu (11/3/2018) lalu. - Suara.com / Kurniawan Mas\\\'ud
02 Februari 2020 06:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, SUKOHARJO--Anak Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka membantah berkampanye lewat kompetisi mobile legend.

Dua anak Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, gencar menularkan virus esport di wilayah Soloraya. Setelah menggelar Free Fire Esport Competition pada akhir 2019, kali ini mereka menyelenggarakan kompetisi Mobile Legend: Bang Bang selama dua hari mulai Sabtu-Minggu (1-2/2/2020).

Kompetisi esport yang digelar di The Park Mall, Solo Baru diramaikan 568 tim di wilayah Jawa Tengah. Kompetisi esport ini diperuntukkan bagi para gamers di wilayah Jawa Tengah terutama Soloraya. Kompetisi serupa berskala nasional kerap digelar di DKI Jakarta dan sekitarnya.

“Kompetisi esport terutama mobile legends rutin digelar di Jakarta. Karena antusias gamers di Jawa Tengah cukup tinggi sekitar 11 persen, kompetisi mobile legends digelar di Solo,” kata Gibran, saat ditemui wartawan, Sabtu.

Gibran bersama Kaesang mengaku ingin memotivasi pemain lokal yang memiliki talenta dan bakat agar muncul ke permukaan. Bakat dan talenta itu bisa dikembangkan sehingga mampu meraih prestasi gemilang.

Selama ini, kompetisi esport di wilayah Soloraya masih minim. “Saya ingin mencari talent-talent lokal terbaik di wilayah Soloraya. Nanti ada program edukasi yang menggambarkan kisah kesuksesan para talent di industri esport,” ujar dia.

Menurut Gibran, industri esport berkembang pesat di era digital. Selain itu banyak peluang kerja yang tercipta dari industri esport. Dalam kompetisi itu, sejumlah pemain mobile legend profesional bakal turut memeriahkan event itu. Mereka bakal menularkan ilmu dan berbagi pengalaman kepada para peserta.

“Ini bukan kampanye [Pilkada Solo]. Kompetisi esport rutin digelar di Jakarta dan tidak ada kaitannya dengan politik.”

Sementara itu, perwakilan Aerowolf Organizer selaku penyelenggara kompetisi mobile legend (ML), Donna Karman, mengatakan esport telah mendapat pengakuan internasional sebagai cabang olahraga. Pada Sea Games 2019 di Filipina, esport menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan.

Kala itu, kontingen Indonesia menyabet dua medali perak. “Bisa jadi para peserta menjadi pemain profesional yang mampu mengukir prestasi untuk bangsa Indonesia,” kata dia.

Sumber : Solopos.com