Advertisement

PM Kanada Minta Iran Tanggung Jawab atas Jatuhnya Pesawat Ukraina

Newswire
Senin, 13 Januari 2020 - 06:47 WIB
Budi Cahyana
PM Kanada Minta Iran Tanggung Jawab atas Jatuhnya Pesawat Ukraina Puing-puing pesawat milik Ukraine International Airlines, yang jatuh setelah lepas landas dari bandara Iran Imam Khomeini, terlihat di pinggiran Teheran, Iran 8 Januari 2020. - Nazanin Tabatabaee / WANA (Kantor Berita Asia Barat) via REUTERS

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau meminta Iran mempertanggungjawabkan penembakan pesawat Ukraina, yang kemudian jatuh serta menewaskan 176 orang di dalamnya, termasuk 57 warga asal Kanada.

Sebelumnya pada Sabtu (11/1/2020) kemarin, Iran mengaku tak sengaja menembak jatuh pesawat tersebut.

Advertisement

“Apa yang telah diakui oleh Iran sangat serius. Penembakan jatuh pesawat sipil menjadi hal yang mengerikan. Iran  bertanggung jawab secara penuh,” kata Trudeau saat konferensi pers, Sabtu.

“Kanada tak akan pernah berhenti hingga kami mendapatkan pertanggungjawaban, keadilan serta penyelesaian yang layak bagi para keluarga korban,” katanya.

 Sebelumnya, Presiden Iran Hassan Rouhani menyampaikan permohonan maaf dan duka yang mendalam atas insiden tertembaknya pesawat sipil Ukraina oleh rudal Iran.

Rouhani mengeluarkan pernyataan setelah Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Iran menyampaikan soal insiden tertembaknya pesawat Ukraina.

"Dalam suasana intimidasi oleh rezim Amerika, kesalahan manusia menyebabkan bencana yang mengerikan ini. Mereka yang bertanggung jawab atas kesalahan tak termaafkan ini akan dituntut. Saya menyatakan kesedihan terdalam saya atas nama Republik Islam Iran," ujar Rouhani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement