Ketua DKKP Harjono Akui Ada Undangan ke Istana. Jadi Dewas KPK?

Ketua DKPP Harjono (kiri) saat menjabat Ketua Tim Pansel Calon Hakim Konstitusi bersama anggota Edward Omar Sharif Hiariej memberikan keterangan pers tentang seleksi calon hakim konstitusi di Kemensekneg, Jakarta, Selasa (12/11/2019). - Antara/Suara.com
20 Desember 2019 14:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Jumat (20/12/2019) ini, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melantik lima anggota Dewan Pengawas KPK bersamaan dengan pelantikan pimpinan KPK jilid V di Istana Negara, Jakarta Pusat. 

Adapun salah satu Dewas KPK yang akan dilantik Jokowi yakni Ketua Dewan Kehormatan Pelaksanaan Pemilu (DKKP), Harjono.

Harjono pun ketika dihubungi tak menampik Bahwa dirinya telah menerima undangan untuk hadir ke Istana dalam rangka pelantikan Dewas KPK. "Ya, ada [undangan ke Istana]. Nanti pukul 13.00 WIB," kata Harjono dihubungi, Jumat (20/12/2019).

Mantan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut dijadwalkan akan dilantik pada pukul 14.30 WIB, di Istana Negara.

Merujuk pada Pasal 69 A ayat (1) UU No.19/2019 tentang KPK, posisi Dewan Pengawas KPK pada periode awal akan ditunjuk langsung oleh Presiden Jokowi.

Sebelumnya, keberadaan Dewan Pengawas KPK ini menuai banyak kritik. Sejumlah pihak menilai keberadaan Dewan Pengawas KPK rawan akan intervensi politik. Hal ini dikhawatirkan menjadikan KPK tak lagi independen karena keberadaan dewan pengawas ini.

Sumber : suara.com