Advertisement

Erick Thohir Diminta Tak Takut Benahi BUMN

John Andhi Oktaveri
Jum'at, 25 Oktober 2019 - 19:07 WIB
Sunartono
Erick Thohir Diminta Tak Takut Benahi BUMN Menteri BUMN Erick Thohir

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir diminta tidak gamang untuk membenahi Kementeriannya yang mengelola 142 perushaan tersebut. 

Permintaan itu disampaikan Ketua Koordinator BUMN Watch, Naldy N Haoren kepada wartawan menyikapi permintaan Erick Tohir yang akan menempatkan 3 orang sebagai Wakil Menteri (Wamen) nya.

Advertisement

"Dengan meminta tiga orang menjadi Wamen Erick Thohir terlihat gamang dan ragu dalam mengelola BUMN. Pengusaha sekaliber Erick jangan ragu lagi mengelola BUMN meski dengan hanya satu orang Wamen. Jadi Erick Thohir kami harapkan jadi petarung sejati," kata Naldy kepada wartawan, Jum'at (25/10).

Dia berpendapat hal yang diperlu diperhatikan Erick Thohir kedepan adalah tidak menempatkan jajaran Direksi BUMN atas dasar like and dislike. Sedangkan di sisi lain, kata Naldy, Erick Thohir harus berani melakukan efisiensi anggaran di semua tingkatan BUMN.

"Perusahaan-perusahaan di BUMN ini kan sudah berjalan berpuluh-puluh tahun. Jadi, tidak ada yang susah untuk mengelola BUMN. Erick tinggal meneruskannya saja," katanya.

Menurut Naldy Haroen "godaan" terberat yang akan dihadapi Erick Thohir dimasa yang akan datang adalah menghindari intervensi dari partai politik, yudikatif dan legislatif. 

"Itu tantangan terberat yang bakal dihadapi Menteri BUMN. Karena, selama ini BUMN dianggap jadikan 'sapi perahan' oleh mereka. Jadi Erick harus berani 'melawan' mereka," katanya.

Pada bagian lain Naldy juga menyarankan agar Erick Tohir bisa mengevaluasi kembali holding yang telah dilakukan BUMN selama ini. Pasalnya, holding di BUMN yang selama ini terjadi hanya membuat pemborosan anggaran. 

"Kita bisa lihat holding selama ini tidak membawa dampak yang positif kepada BUMN. Bahkan, holding tersebut terkesan menghabiskan anggaran. Seharusnya, yang namamya holding itu bukan dilakukan oleh perusahaan yang sejenis," kata Naldy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembangkan Digitalisasi UMKM, Pemkot Libatkan Mahasiswa

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement