Jelang Pemilihan Ketua MPR, Fadel Bakal Temui Megawati

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberikan keterangan pers usai pengukuhan dirinya sebagai Ketua Umum PDIP periode 2019-2024 dalam Kongres V PDI Perjuangan, di Sanur, Denpasar, Bali, Kamis (8/8/2019). - ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
03 Oktober 2019 08:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Jelang Pemilihan Ketua MPR RI, pimpinan MPR dari unsur kelompok DPD RI, Fadel Muhammad akan menemui Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputr, Kamis (3/10/2019) malam.

"Saya juga akan bertemu dengan Ibu Megawati, saya kenal baik dengan beliau. Saya akan konsultasi dengan beliau karena PDIP, partai pemenang pemilu," kata Fadel usai Rapat Pleno Kelompok DPD RI di MPR di Gedung Nusantara V, Jakarta, Rabu (2/10/2019) malam.

Dari pembicaraan yang sudah ada, kata dia, terdapat tiga kelompok yang akan memperebutkan kursi Ketua MPR, yaitu Golkar bersama PPP, PKB, dan NasDem.

Kedua, lanjut dia, Gerindra bergabung dengan PDIP, dan kelompok ketiga adalah Demokrat dan PAN.

"DPD nanti akan rapatkan, kita lihat, kalau kami bergabung, katakan tinggal dua kelompok saja. Kami bergabung ke mana? Kalau voting, kami akan menang. Maka, kami akan bicarakan secara internal dengan teman-teman DPD, kemudian kita akan menentukan sikap, apa sikap yang kita mau ambil," ujarnya.

Fadel berencana pada Kamis (3/10) pagi akan bertemu dengan pimpinan empat partai politik untuk membicarakan peluangnya menjadi Ketua MPR. Namun, tidak disebutkan parpol mana saja.

Ia akan menjajaki dengan tiga kelompok, mana yang berkomitmen untuk penguatan DPD RI ke depan karena selama ini DPD dilihat "sebelah mata".

"Untuk itu, dengan keberadaan saya di MPR, kami ingin membikin perubahan supaya ada kesetaraan antara DPD dan DPR," katanya.

Menurut dia, dalam forum lobi, dia akan menekankan bahwa DPD merupakan fraksi terbesar sehingga sudah sepantasnya perwakilan lembaga tersebut menjadi Ketua MPR RI.

Sumber : antara