Advertisement

Sempat Alot, PAN Bakal Usung Zulkifli Hasan Sebagai pimpinan MPR

Newswire
Selasa, 01 Oktober 2019 - 11:07 WIB
Nina Atmasari
 Sempat Alot, PAN Bakal Usung Zulkifli Hasan Sebagai pimpinan MPR Ketua DPR Bambang Soesatyo dan Ketua MPR Zulkifli Hasan. - Suara.com/Welly Hidayat

Advertisement


Harianjogja.com, JAKARTA- Partai Amanat Nasional (PAN) akan kembali mengusung Ketua Umum Zulkifli Hasan untuk menjadi pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Hal itu diungkapkan Anggota DPR dari PAN Yandri Susanto .

"PAN sekali lagi kami sampaikan Bang Zulkifli Hasan. Namun, semua kemungkinan dan kejutan bisa saja terjadi. Lima tahun lalu tidak diduga juga Bang Zul bisa menjadi Ketua MPR," kata Yandri saat ditemui sebelum pelantikan anggota DPR/DPD/MPR di Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Advertisement

Yandri mengatakan lobi-lobi untuk mendapatkan posisi di pimpinan MPR cukup alot karena diperebutkan beberapa partai politik. Dia menyebut Partai Gerindra, Partai Golkar, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga ingin anggotanya menjadi pimpinan MPR.

Calon pimpinan MPR lain yang sempat muncul dalam lobi-lobi antarpartai adalah Ahmad Muzani dari Partai Gerindra. Menurut Yandri, dinamika lobi-lobi untuk menentukan pimpinan MPR terus terjadi.

" Tadi malam Bang Zul juga komunikasi dengan Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah yang belum menentukan sikap siapa Ketua MPR yang diusung. Artinya, jam per jam, menit per menit ada dinamika yang terjadi," tuturnya.

Yandri mengatakan dinamika dalam lobi-lobi pimpinan MPR masih sebatas antara partai-partai politik yang memiliki fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Masih perlu lobi-lobi yang melibatkan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

"DPD juga tidak mudah siapa yang mereka pilih untuk jadi pimpinan MPR. Masih perlu lobi dan pendekatan," katanya.

Sebanyak 575 anggota DPR dan 136 anggota DPD periode 2019-2024 mengikuti pelantikan yang diadakan di Ruang Sidang Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Pelantikan anggota DPR/DPD/MPR dipimpin Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali, dihadiri Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua dan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan tamu undangan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU

Kulonprogo
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement