Advertisement

Moeldoko dan 13 Tokoh Sepakat Agar Pemerintah Buka Ruang Dialog di Kampus

Saeno
Rabu, 25 September 2019 - 15:37 WIB
Nina Atmasari
Moeldoko dan 13 Tokoh Sepakat Agar Pemerintah Buka Ruang Dialog di Kampus Pertemuan Tokoh Gerakan Suluh Kebangsaan bersama Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Aksi unjuk rasa mahasiswa terjadi di sejumlah daerah. Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko melakukan pertemuan dengan 13 tokoh Gerakan Suluh Kebangsaan. Selain menyikapi terjadinya sejumlah unjuk rasa di berbagai kota di Indonesia, pertemuan juga membahas persoalan kebangsaan yang sedang terjadi.

Dalam dialog yang berlangsung hampir tiga jam, Moeldoko menyebutkan bahwa pemerintah berupaya mendengar dan mencari masukan dari para tokoh yang hadir.

Advertisement

Dalam pertemuan yang dilakukan di kediaman Moeldoko, Selasa (24/9), sejumlah tokoh menyampaikan pendapatnya atas munculnya perbedaan pendapat di masyarakat saat ini. Moeldoko memastikan bahwa pemerintah dalam hal ini presiden memberi perhatian pada aspirasi masyarakat.

“Presiden tidak pernah mengabaikan suara publik,” kata Moeldoko dikutip dari keterangan resmi diterima Rabu (25/9/2019).

Dalam kesempatan itu Machfud MD menyampaikan akan lebih bijak jika pemerintah dan mahasiswa menempuh jalur hukum daripada aksi jalanan.

Alissa Wahid yang juga hadir dalam pertemuan itu menambahkan, ”Mereka yang berunjukrasa sebagian adalah pendukung Jokowi. Presiden harus lebih peka terhadap kritik yang disampaikan.”

Menanggapi aksi unjukrasa mahasiswa, para tokoh sepakat agar pemerintah lebih persuasif dengan membuka ruang dialog. Unjukrasa di lapangan terjadi akibat mampetnya ruang bagi mahasiswa menyampaikan pendapat secara langsung. Dalam pertemuan tersebut disepakati bahwa kampus menjadi tempat ideal untuk berdialog langsung dengan melibatkan pemerintah.

Adapun para tokoh Gerakan Suluh Kebangsaan yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah :

  1. Mahfud MD
  2. Franz Magnis Suseno
  3. Sarwono Kusumaatmadja
  4. Helmy Faishal
  5. Ahmad Suaedy
  6. Alissa Wahid
  7. A. Budi Kuncoro
  8. Syafi Ali
  9. KH Malik Madany
  10. Romo Benny Susetyo
  11. Rikad Bagun
  12. Al Hilal Hamdi
  13. Siti Ruhaini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com/KSP

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Empat Tahun Ditiadakan karena Covid-19, Open House Lebaran Sultan HB X Hari Ini Dihadiri Ribuan Orang

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement