Dituduh Menghina Salib, Ustaz Abdul Somad Menolak Minta Maaf

Ustaz Abdul Somad - Youtube
21 Agustus 2019 18:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Kendati dilaporkan sejumlah kelompok masyarakat terkait ceramahnya yang dianggap menghina salib, ustaz Abdul Somad enggan minta maaf.

Ustaz Somad tidak mau meminta maaf soal ceramahnya yang diperbincangkan belakangan ini tentang pandangan Islam terhadap salib. Ustaz Somad meyakini ucapannya benar menurut Islam.

Ustaz Somad mengatakan ceramah tersebut disampaikan saat menjawab pertanyaan jemaah, bukan tema utama pengajian tersebut.

Kemudian ceramah itu juga disampaikan di dalam kajian komunitas Islam, bukan di ranah publik. Sehingga dirinya merasa tidak perlu meminta maaf.

"Saya menjelaskan tentang akidah agama saya di tengah komunitas Umat Islam, di dalam rumah Ibadah saya. Bahwa kemudian ada yang tersinggung dengan penjelasan saya, apakah saya mesti meminta maaf?," kata Ustaz Somad usai memenuhi panggilan MUI di Kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (21/8/2019).

Ustaz Somad kemudian mencontohkan surat Al - Maidah Ayat 73 yang menegaskan keyakinannya untuk tidak perlu meminta maaf.

"Sesungguhnya maaf kafirlah orang yang mengatakan Allah itu 3. Saya jelaskan itu di tengah umat Islam, lalu orang yang mendengar itu tersinggung atau tidak? Tersinggung. Apakah perlu saya minta maaf? Kalau saya minta maaf, berarti ayat itu musti dibuang," tegas Ustaz Somad.

Sumber : Suara.com