Advertisement

BPBD Tegaskan Tak Ada Krisis Air Bersih di Jateng

Alif Nazzala Rizqi
Selasa, 13 Agustus 2019 - 14:37 WIB
Nina Atmasari
BPBD Tegaskan Tak Ada Krisis Air Bersih di Jateng Petugas BPBD Kabupaten Cilacap menyalurkan bantuan air bersih bagi warga Desa Tayem Timur, Kecamatan Karangpucung, Cilacap, Jateng. (Antara/BPBD Cilacap)

Advertisement

Harianjogja.com,  SEMARANG — Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jateng Sudaryanto menepis anggapan adanya krisis air di provinsi ini. Menurutnya, penanganan kekeringan berjalan lancar sehingga tidak sempat ada krisis air bersih di provinsi ini.

Klaim itu mengemuka setelah dipastikan BPBD kabupaten/kota di Jateng bergerak cepat menanggulangi masalah kekeringan. Menurut dia,  selama ini penganan kekeringan masih berjalan normal sesuai rencana dan pemetaan yang telah dilakukannya. "Selama ini masih aman-aman saja, belum ada yang mendesak untuk kebutuhan air bersih di Jawa Tengah," tegas Sudaryanto, Senin (12/8/2019).

Advertisement

Dia menambahkan berdasarkan data BPBD Jateng ada 1.319 desa di 27 kabupaten/kota yang terdampak kekeringan . "Jumlah ini berbeda dengan prediksi dari BMKG yang sebelumnya menyebutkan bahwa wilayah yang terdampak nantinya sebanyak 31 kota kabupaten," ujarnya. 

Terlepas dari itu, dia meyakini bahwa distribusi air untuk wilayah yang mengalami kekeringan juga masih berjalan baik. "Sejauh ini baru tiga daerah yang sudah meminta bantuan ke kami," katanya.

Tiga daerah tersebut antara lain Wonogiri, Pati dan Temanggung. Sedangkan daerah lain, ditangani dengan baik dengan solusi masing-masing Pemda.

Sudaryanto enggan mengiyakan saat ditanya soal terjadinya krisis air. Sebab menurutnya jumlah yang terdampak justru menurun. Sayangnya, dia tak mampu menyebut data pasti.

"Kalau kekeringan sekarang masyarakat harus pandai mengatur pemakaian pasokan air. Sekarang yang sedang sering dihadapi itu kebakaran lahan. Terakhir yang di Gunung Sumbing ini, tapi sudah padam," tegasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Viral Balon Udara Tiba-tiba Mendarat di Runway Bandara YIA

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement