Advertisement

Durasi Lebih Pendek dari Arus Mudik, Puncak Arus Balik Diperkirakan Pada 8 dan 9 Juni 2019

Fitri Sartina Dewi
Senin, 03 Juni 2019 - 18:27 WIB
Nina Atmasari
Durasi Lebih Pendek dari Arus Mudik, Puncak Arus Balik Diperkirakan Pada 8 dan 9 Juni 2019 Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) dan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita (kedua kiri) berbincang dengan pemudik yang mengikuti program mudik gratis angkutan Lebaran 2019 oleh Kementerian Perhubungan di kawasan silang Monas, Jakarta, Jumat (31/5/2019). - ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA— Tidak seperti arus mudik yang punya waktu panjang, arus balik bakal lebih pendek. Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus balik kendaraan yang mengarah ke Jakarta akan terjadi pada 8 dan 9 Juni 2019.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan rentang waktu arus balik tahun ini lebih pendek daripada saat arus mudik.

Advertisement

Oleh sebab itu, Menhub mengimbau agar masyarakat dapat merencanakan perjalanan dengan baik untuk melakukan perjalanan pada arus balik, agar tidak terjadi penumpukan di satu waktu tertentu.

Dia menuturkan hari sisa cuti bersama dengan waktu masuk kerja karyawan setelah Lebaran sangat sempit. Oleh sebab itu, dia menyarankan agar para pemudik sebaiknya kembali ke Ibu Kota pada 6, 7 atau 10 Juni. Alasannya, pada 8 dan 9 Juni diprediksi terjadi kepadatan puncak arus mudik.

“Bisa dibayangkan kepadatannya karena pada waktu arus mudik ada waktu 8 hari, sementara untuk arus baliknya hanya 4 atau 5 hari,” kata Menhub Budi seperti dikutip dalam keterangan yang dirilis pada situs Kemenhub, Senin (3/6/2019).

Menhub menjelaskan saat ini pihaknya bersama-sama dengan Korlantas Polri dan pihak-pihak terkait lainnya tengah menyiapkan strategi penanganan pada arus balik Lebaran.

Sementara itu pada hari ini, Senin (3/6) atau H-2 jelang Lebaran, rekayasa arus lalu lintas dengan penerapan one way di ruas tol Jakarta-Cikampek mulai KM 70 hingga KM 414 GT Kalikangkung masih diberlakukan. Sebelumnya penerapan one way hanya akan diberlakukan hingga Minggu (2/6).

Menanggapi hal tersebut Budi menyebut sistem ini efektif guna mengurai kepadatan lalu lintas yang masih terjadi hingga H-2 Lebaran.

Berdasarkan penjelasannya, penerapan one way ini akan bersifat situasional dan dinamis. Jika arus lalu lintas lancar, maka rencananya sistem ini tidak berlaku hingga pukul 21.00 seperti biasanya.

One way sejauh ini sampai tadi pagi itu berlangsung baik, dan ini menyelesaikan masalah. Hari ini kita akan mengurangi jumlah dari one way yang tadinya sampai pukul 9 malam. Kemungkinan kalau tidak ada suatu load yang terlalu banyak, kita akan jadikan 2 arah (contra flow). Hari ini kita exercise,” jelasnya.

Rencananya pada arus balik nanti juga akan diberlakuan sistem one way mulai 8 s.d. 10 Juni 2019 dimulai dari KM 189 di ruas Tol Palimanan sampai KM 70 di Gerbang Tol Cikampek Utama atau Cikatama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Serangan Wereng Meluas, DPP Kulonprogo Basmi dengan Pestisida

Kulonprogo
| Selasa, 23 April 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement