Miliki Bintang Jasa, Ani Yudhoyono Disambut Upacara Militer

Lettu Arm Aprianto membawa foto almarhumah Ibu Ani Yudhoyono saat persiapan penyambutan jenazah di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (1/6/2019). - Ist/Antara.
01 Juni 2019 22:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Ani Yudhoyono, istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, yang wafat pada hari Sabtu (1/6/2019) di Singapura, akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Minggu (2/6/2019) besok.

Tak hanya itu, jenazah Ani yang bernama asli Kristiani Herawati binti Sarwo Edhie Wibowo, akan disambut upacara militer di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Sabtu malam.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsekal Utama Marsma TNI Fajar Adriyanto mengatakan, penyambutan jenazah Ani Yudhoyono akan melalui prosesi upacara militer karena Ani adalah salah satu peraih tanda kehormatan Bintang Jasa Adipradana.

"Yang jelas akan ada upacara penyambutan secara militer. Itu karena beliau almarhumah adalah salah satu pemilik bintang jasa," ucap Fajar di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (1/6/2019).

Untuk diketahui, Ani mendapatkan penghargaan berupa Bintang Republik Indonesia Adipradana pada tahun 2011.

Penghargaan diberikan karena Ani Yudhoyono dianggap berjasa mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selama memimpin Indonesia.

Usulan atas pemberian bintang jasa disampaikan MPR RI dengan merujuk pada UU No 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

Ani Yudhoyono meninggal dunia di National University Hospital, Singapura pada hari Sabtu (1/6/2019) pukul 11.50 waktu setempat. Untuk diketahui, Ani Yudhoyono rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) pada Minggu (2/6/2019) bakda Zuhur.

Sumber : Suara.com